Jumat, 24 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Otomotif

Geber Pasar Motor Sport

| editor : 

Yamaha Vixion R

KOMPETITIF: Model Vava Valensia berfoto di samping Yamaha Vixion R saat peluncuran di Surabaya kemarin. (FRIZAL/JAWA POS)

JawaPos.com - Pasar motor sport diperkirakan masih terus tumbuh. PT Surya Timur Sakti Jatim selaku main dealer Yamaha di Jawa Timur pun mengenalkan varian terbaru motor sport naked All New Vixion R.

Hadirnya varian terbaru itu sekaligus menjadi kasta tertinggi dari keluarga Vixion Series. Varian itu diharapkan dapat mendongkrak market share Yamaha di Jatim sampai 25 persen.

General Manager Marketing Surya Timur Sakti Jatim Agung Mundi mengungkapkan, sejak kali pertama diperkenalkan pada tahun 2007 hingga saat ini, Vixion Series sudah terjual lebih dari 2,5 juta unit di Indonesia.

”Respons motor sport saat ini cukup bagus, penjualan Yamaha di segmen ini naik terus tiap bulan. Ditunjang dengan R15 yang sangat booming kemarin sehingga akan mengangkat Vixion R ini,” ujarnya di Surabaya kemarin (6/10).

Agung memaparkan, Yamaha R15 di Jatim mampu terjual 500–600 unit per bulan. Ditargetkan, Vixion R itu akan mampu terjual minimal 1.000 unit per bulan. ”Karena kita didukung 200 dealer di Jatim. Kami kira tiap dealer menjual lima unit per bulan akan sangat mampu,” katanya.

Pihaknya optimistis pasar sport masih terus tumbuh. Di Yamaha Jatim, segmen sport berkontribusi 17 sampai 18 persen. Matik tetap memiliki kontribusi besar, mencapai 75 persen. Sisanya adalah bebek.

Untuk di segmen sport Yamaha, yang paling banyak berkontribusi adalah Vixion yang mencapai 70 persen dan R15 sebesar 20 persen. ”Rata-rata yang membeli motor sport Yamaha adalah orang yang sudah punya motor bebek atau matik, kemudian ingin naik kelas untuk beli motor segmen ini. Mungkin mereka ingin yang unik, ini harapan baru untuk motor sport,” ujarnya.

Yamaha membidik konsumen pria berusia 20 sampai 30 tahun untuk segmen Vixion R. Targetnya adalah pria yang suka gaya sport, bisa digunakan untuk harian, irit, dan hobi touring. ”Rata-rata yang beli Vixion adalah karyawan kelas menengah. Misalnya, mereka kerjanya di Surabaya, tetapi rumahnya di Sidorajo, Gresik, atau pinggiran Surabaya. Karena Vixion ini nyaman ditumpangi untuk kerja jarak jauh,” tambahnya.

Berdasar data AISI per Juli 2017, penjualan motor sport 150 cc dikuasai Yamaha All New Vixion yang mencapai 20.670 unit. Kemudian, disusul Honda CB 150 R Street Fire yang mencapai 11.324 unit. Penjualan motor sport 150 cc naked dari Honda, yakni Verza, sebanyak 3.308 unit dan Mega Pro FI sebanyak 325 unit.

All New Vixion R menggunakan mesin 155 cc fuel injection 6 percepatan dan dilengkapi dengan teknologi VVA yang menyebabkan tarikan dan top speed lebih baik. Dengan fitur assist dan slipper clutch, varian tersebut memiliki kopling yang lebih ringan sehingga tidak membuat tangan pengendara mudah lelah dan sekaligus membuat perpindahan persneling lebih halus. (*)

(car/c10/sof)

Sponsored Content

loading...
 TOP