Selasa, 23 Jan 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Ekonomi

Tiga Tahun Jokowi-JK, Rini Sebut 560 KM Jalan Tol Telah Beroperasi

| editor : 

Jalan Bebas Hambatan

Ilustrasi (Istimewa for JawaPos.com)

JawaPos.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengklaim dalam tiga tahun pemerintahan Joko Widodo- Jusuf Kalla (JK), sepanjang 560 kilometer (km) jalan tol telah beroperasi.  Pencapaian ini dinilai membanggakan karena selama 40 tahun total jalan tol yang telah dibangun hanya sekitar 1000 kilometer.

"Sebagai contoh, simpel saja dari tahun 2004 sampai 2014 penambahan pembangunan jalan tol 390 km kalau tidak salah. Selama tiga tahun dari awal 2015 sampai hari ini sudah terbangun selesai sudah dipakai 560 km, tidak sampai tiga tahun," ujarnya di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (5/10) malam.

Pencapaian itu, kata Rini, juga diikuti oleh program BBM satu harga. Sebanyak 25 daerah sudah menikmati harga BBM sama dengan di Pulau Jawa. Masih ada 29 daerah lagi yang saat ini masih dikebut.

Menneg BUMN Rini Soemarno

Menneg BUMN Rini Soemarno (Dok.JawaPos.com)

"Satu harga BBM di Papua, tadinya Papua harga BBM Rp 60 ribu - 70 ribu per liter, sekarang bisa menawarkan sama seperti Jakarta tanpa subsidi pemerintah. Ini kemampuan Pertamina sebagai perusahaan," jelas dia.

Tidak hanya itu, bahkan harga semen mampu turun sebanyak 80 persen dari harga yang tadinya Rp 2,5 juta per sak, menjadi hanya Rp 500 ribu per sak. "Kita sudah bisa melakukan penurunan harga semen di titik seperti puncak Jayawijaya. (Dulu) satu sak semen Rp 2,5 juta, (sekarang) harganya Rp 500 ribu," pungkasnya. 

(cr4/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP