Jumat, 20 Oct 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Health Issues

Cara Efektif Mengurangi Sakit Punggung untuk si Perut Buncit

| editor : 

Kegemukan, diet sehat

Ilustrasi kegemukan (Pixabay)

JawaPos.com - Usia produktif mempunyai keluhan low back pain (LBP) atau nyeri punggung bawah dewasa ini adalah hal biasa. Spesialis kedokteran fisik rehabilitasi dr Rita Vivera Pane SpKFR mengatakan, dirinya mempunyai pasien yang masih duduk di bangku SMP.

Dengan tinggi 150, anak tersebut sudah mempunyai berat 108 kilogram. Salah satu efeknya adalah nyeri punggung bawah tersebut.

Namun, berkat ketekukannya untuk berdiet, sang anak bisa menurunkan 16 kilogram dalam satu bulannya. Padahal, lanjut Rita, diet yang sehat seharusnya hanya menurunkan 1-2 kilogram tiap minggunya. Tetapi, efek samping lain, keluhan LBP pasien itu hilang.

’’Tapi kalau uda perut buncit, biasanya yang keluar tidak hanya lemak. Tapi ada kandungan air yang ikut keluar. Namun untuk kasus turun drastis seperti pasien saya itu tidak apa-apa selama dalam pantauan dokter,’’ imbuhnya.

Jadi, Rita selalu menegaskan pada pasiennya, bila ingin sembuh sembuh dari LBP pasti harus mengurangi beban pada perutnya. Caranya, seperti biasa makan dengan mengurangi kalori tanpa mengurangi kandungan gizi dan olahraga.

Menurut Rita, yang merupakan tantangan baginya adalah ketika mendoktrin para pasien mengenai makanan. Karena seringkali pasien merasa nelangsa ketika disuruh berdiet. ’’Saya tegaskan, makanan berlemak itu sampah. Misalnya kerupuk. Kalau nggak mau perutnya buncit dan kena LBP sebisa mungkin harus menjauhinya,’’ tegasnya. (*)

(ina/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP