Jumat, 15 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Diet & Fitness

Mengenal Lupus, Penyakit Seribu Wajah

| editor : 

TANDA: Salah satu tanda lupus adalah mudah mengalami demam.

TANDA: Salah satu tanda lupus adalah mudah mengalami demam. (Pixabay)

JawaPos.com - Biasanya, penderita SLE (Systemic Lupus Erythematosus) atau lupus baru terdiagnosa dalam kondisi parah. Hal tersebut diduga karena tidak semua orang mengetahui keberadaan penyakit lupus.

Spesialis penyakit dalam konsultan rematologi dr Yuliasih SpPD KR mengungkapkan, penderita lupus biasanya akan terdiagnosa setelah melewati proses diagnosa dengan banyak penyakit.

’’Karena itu lupus dijuluki penyakit seribu wajah. Sebab bergantung sistem kekebalan tubuh menyerang bagian mana, maka itulah yang dirasakan penderita,’’ tutur dokter RSUD dr Soetomo ini.

Gejala terbanyak, lanjutnya, yang banyak ditemukan pada penderita lupus, adalah demam seperti tifus yang berkali-kali, berat badan turun, dan mual. Setelah itu, dilanjutkan dengan bagian organ tertentu yang diserang. Misalnya jantung atau paru-paru.

Jadi, Yuli mengharapkan masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan kejelian dalam membaca keluhan sekecil apapun yang dirasakan oleh tubuh. Bila merasakan demam tidak wajar dan pola penyakit yang aneh. Bisa berkonsultasi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan darah dan urine lengkap, untuk mengantisipasi penyakit ini.

Dalam sebulannya, dirinya bisa menerima dua sampai lima pasien lupus baru, dan ketika seseorang menderita lupus, beberapa saat setelah diagnosa, mereka memang cenderung sulit menerima kenyataan, akhirnya menjadi stress. Padahal, odapus (orang dengan lupus) tidak boleh sering menjadi stress karena akan memacu kekacauan sistem dalam tubuh. (*)

(ina/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP