Selasa, 21 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Health Issues

Nyeri Punggung? Coba Cek Berat Badan

| editor : 

Obesitas, Diet, Timbangan

Ilustrasi timbangan (Pixabay)

JawaPos.com - Pengaruh obesitas atau kegemukan memang tidak ada baik-baiknya. Salah satunya adalah LBP (low back pain) atau nyeri punggung bawah.’’Dari sepuluh pasien yang datang ke saya setiap hari. Delapan di antaranya mengeluh karena nyeri punggung. Dan penyebabnya sama-sama obesitas,’’ ungkap spesialis kedokteran fisik rehabilitasi dr Rita Vivera Pane SpKFR.

Sebenarnya, hampir semua orang pernah mengalami LBP, apalagi orang yang obesitas. Namun sebagian kecil ada yang hilang dengan sendiri. Sebagian besar lainnya, berlangsung hingga menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Dan obesitas yang menyebabkan LBP, adalah obesitas yang identik dengan perut yang buncit atau abdominal obesitas. sebab, obesitas menyebabkan postur tubuh yang ideal menjadi bertambah bebannya. Selanjutnya bisa menimbulkan tarikan-tarikan pada otot yang menyangga berat badan.

Sehingga otot punggung mengalami kelelahan akibat beban yang berlebihan. Akhirnya seseorang merasakan nyeri dibagian punggung. ’’Jadi indikator buncit yang tidak wajar itu, lingkar pinggang lebih dari setengah tinggi badan. Itu yang pas untuk mengukur orang asia seperti kita,’’ ulas Rita. (*)

(ina/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP