Selasa, 21 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Health Issues

Stroke Lebih Mudah Serang Laki-laki, Ini Penyebabnya

| editor : 

Stroke, Dada sakit

Ilustrasi stroke (Pixabay)

JawaPos.com - Stroke, selain mengalami pergeseran usia, yaitu penderita yang lebih muda, penderita stroke juga banyak didominasi oleh laki-laki.

Hal tersebut diungkapkan oleh spesialis Bedah Saraf dr Asra Al Fauzi SpBS. Menurut Asra, ini dikarenakan faktor hormonal. Sehingga membuat laki-laki lebih gampang terserang stroke. ’’Saya hampir tidak menemukan perempuan usia produktif yang terserang stroke,’’ tutur lulusan Shinshu University Hospital Jepang tersebut.

Asra menuturkan bahwa stroke sudah menyerang usia produktif. Bila pada tahun 1990-an, stroke hanya dialami oleh usia 55 keatas. Namun sekarang, mulai banyak penderita yang dimulai dari umur 40 tahun.

Bahkan ada beberapa penderita yang masih berusia 30-an. Asra juga menjelaskan bahwa dari semua pasien stroke yang ditanganinya, sekitar 15 persen diantaranya berusia 45 tahun kebawah. Menurutnya, angka ini masih berpeluang besar meningkat dalam beberapa tahun ke depan.

Untuk penyebabnya, Asra menjelaskan terdapat dua penyebab terbanyak pada pasien stroke. Pertama adalah karena buntunya pembuluh darah yang diakibatkan oleh banyaknya lemak. ’’Bisa disebut karena obesitas, lemak itu sekarang jadi pemicu banyak penyakit,’’ imbuhnya.

Penyebab kedua, Asra menyebutkan karena hipertensi yang membuat pembuluh darah di otak menjadi pecah. Sehingga terjadi pendarahan. Semua penyebab tersebut, tidak lain karena gaya hidup buruk, yang sengaja atau tidak dijalani oleh banyak orang.

Karena itu, perbaikan gaya hidup benar-benar harus dilakukan oleh semua orang. apalagi untuk orang yang sudah pernah terserang stroke dan keadaannya membaik. Karena biasanya seseorang yang mengalami stroke pada kali kedua, akan menjadi koma karena pembuluh darahnya yang pecah.

’’Itulah pentingnya modifikasi gaya hidup, terutama untuk laki-laki. Karena kalau sudah kena, pengobatannya akan menjadi lebih mahal dan lama,’’ tandasnya. (*)

(ina/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP