Rabu, 17 Jan 2018
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Metropolitan

KAI Ganti Sistem Persinyalan, Perjalanan Kereta Bakal Terganggu

| editor : 

KRL

KRL (Dery Ridwansyah/ Jawa Pos)

JawaPos.com - Bagi pengguna kereta yang akan melakukan perjalanan pada Sabtu (30/9) perlu diketahui, bahwa PT KAI Daop 1 Jakarta akan melakukan pekerjaan perubahan (Switch Over) Sistem Persinyalan dari sistem SSI (Solid State Interlocking). Pekerjaan itu akan berdampak pada kelancaran perjalanan kereta.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Suprapto mengatakan, pengerjaan ini akan dilakukan dari pukul 00.00 hingga pukul 04.00 WIB. Dengan adanya kegiatan perubahan sistem persinyalan dari Stasiun Jatinegara hingga Manggarai itu, perjalanan kereta akan terganggu. Terutama untuk perjalanan KA Jarak jauh, menengah, lokal dan KRL. Keterlambatan itu terjadi pada ketika kereta yang melintas di antara Stasiun Jatinegara hingga Manggarai pada Sabtu (30/9).

"Kami mengimbau kepada para pengguna jasa kereta api pada tanggal 30 September 2017 yang perjalanan kereta apinya melintas di wilayah Stasiun Jatinegara hingga Stasiun Manggarai, agar bisa menyesuaikan jadwal kegiatannya,” kata dia, Jumat (29/9).

KRL

KRL, salah satu moda transportasi massal penopang pergerakan masyarakat Jakarta. (Ismail Pohan/Indopos/JawaPos.com)

Diketahui, Sistem Persinyalan dari sistem SSI (Solid State Interlocking) sudah digunakan sejak 1994. Sinyal itu menggantikan Sistem Persinyalan Kyosan K5B buatan Jepang di wilayah Stasiun Jatinegara dan Stasiun Manggarai.

KAI kata dia berharap pekerjaan perubahan sistem persinyalan dari Stasiun Jatinegara hingga Stasiun Manggarai, bisa berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. "Sehingga perjalanan kereta api yang melintas di wilayah ini tidak terganggu," tutupnya.

Dia menuturkan, banyak keungulan dari penggunaan sistem persinyalan baru ini, di antaranya menambah kelancaran perjalanan kereta api sekaligus dapat menambah beban kapasitas lintas, dan bisa semakin menjamin dalam segi keamanan alat-alat persinyalan yang penempatan modulnya bisa bersatu dalam suatu bangunan gedung.

Di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta, terdapat 7 jenis sistem persinyalan yakni SSI Westinghouse Inggris, SSI Alstom Australia, SSI GEC Alstom Perancis, VPI DBRI Inggris, Mekanik S&H, dan PLC Mc Allister (Vialis Belanda).

"Penggunaan sistem persinyalan baru ini sudah harus segera dilakukan agar perjalanan kereta api di wilayah PT KAI Daop 1 Jakarta yang berjumlah total 1.229 per hari, bisa semakin lancar dan tepat waktu," jelasnya.

(elf/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP