Kamis, 26 Apr 2018
Logo JawaPos.com
Metropolitan

KAI Pastikan Aksi 299 Tak Akan Ganggu Perjalanan Kereta Api

| editor : 

Ilustrasi  peserta aksi memadati Stasiun Depok menuju Masjid Istiqlal, Jakarta.

Ilustrasi peserta aksi memadati Stasiun Depok menuju Masjid Istiqlal, Jakarta. (Rieska Virdhani/JawaPos.com)

JawaPos.com - Hari ini (29/9) sejumlah massa dari Alumni 212 bakal menggelar Aksi 299. Lokasi aksi ini ada di depan gedung DPR-MPR, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Aksi itu bertujuan untuk menolak Perppu Ormas dan mewaspadai kebangkitan paham komunis.

Dengan adanya aksi itu, Senior Manager Humas PT KAI DAOP 1 Suprapto memastikan, perjalanan KA tidak terlalu berpengaruh. Hingga kini pihaknya terus melakukan monitor sampai aksi tersebut dimulai.

"Sampai sekarang kami masih memantau perkembangan situasi. Jadi masih normal-normal saja," kata Suprapto saat dihubungi, Jumat (29/9).

Dia memastikan bakal melakukan antisipasi bila terjadi hal yang tak diinginkan. Terpenting kata dia, anggota di lapangan siap siaga. “Tapi kami tetap bersiap,” tambah dia.

Ketua Presidium Alumni 212 Slamet Maarif sebelumnya menjelaskan, Perppu no 2 tahun 2017 tentang pembubaran ormas berpotensi mengkredilkan demokrasi dan penegakan hukum di Indonesia. Perppu ini pula berpotensi melahirkan kekuasaan yang otoriter dan melahirkan kedzoliman bagi ormas yang ada.

Ilustrasi

Ilustrasi (Ismail Pohan/Indopos/JawaPos.com)

"Jika perppu ini dipaksakan menjadi Undang undang dikhawatirkan berpotensi menjadi alat pembungkaman ormas ormas islam yang berbeda pandangan dengan pemerintah tanpa melalui jalur Pengadilan," kata Slamet kepada wartawan, Kamis (28/9).

Slamet menambahkan, aksi tersebut tidak bermuatan politis."Kami tidak memiliki agenda selain dua agenda tersebut. Jika ada isu agenda diluar agenda tersebut maka di pastikan itu bukan bagian dari Presidium alumni 212," tambah pria yang juga jubir FPI ini.

Lalu ada juga elemen yang akan bergabung yakni Aliansi Mahasiswa untuk Pergerakan sekitar seribu orang. Kemudian dari posko muslim, UIB (umat islam bersatu), Lalu ada ILUNI, Bang Japar, majelis taklim, FBR, dan beberapa ormas lain.

(elf/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP