Sabtu, 16 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Teknologi

Bawa Misi Ini, Bos refactory.id Pilih Jogja Jadi Markas Kedua

| editor : 

Taufan Aditya

CEO refactory.id Taufan Aditya (JawaPos.com)

JawaPos.com - Semakin tingginya permintaan dunia usaha untuk profesi programmer dan coder membuat Refactory.id berencana membuka pusat pelatihan alias bootcamp kedua mereka di Yogyakarta. Setelah sebelumnya lebih dulu eksis di Bandung, sejak Januari 2017. 

"Melihat perkembangan di Bandung yang cukup signifikan dan berhasil meluluskan lima angkatan sejak Januari tahun ini, kami melihat Jogja sangat potensial, karena permintaan untuk membuka kelas di sana cukup besar," kata CEO Refactory.id Taufan Aditya, melalui keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Selasa (26/9).

Kehadiran Refactory.id di Bandung telah membuat semacam standarisasi bagi seorang programmer dan juga coder, yang berhasil membuat patokan atau standarisasi seorang programmer dan coder lulusannya dengan rentang gaji minimum Rp 10 juta.

"Kami bisa pastikan, lulusan kami berada di medium dan high level seorang programmer dan ingin membuat semacam aturan main jika profesi ini, tidak main-main. Terutama soal penghargaan atau bayaran yang setimpal," ujar Taufan.

Menurut Taufan, makin tingginya permintaan pasar untuk profesi ini dan jumlah sumber daya manusia yang terbatas, tentu harga itu sangat setimpal dengan apa yang diharapkan perusahaan dari seorang IT programmer dan coder.

"Ini untuk meningkatkan harga jual para programmer dan membuat mereka setara dengan profesi seperti dokter, atau pekerjaan lain. Bagaimanapun dunia digital tak bisa dibendung lagi,” ujarnya.

Bukan tanpa alasan, pembukaan markas kedua di Jogja berdasarkan pada standar yang diberikan Course Report kepada Refactory.id. 

Diketahui, Course Report merupakan lembaga penilai bootcamp di seluruh dunia memberikan rating sempurna, khususnya dalam hal pengalaman selama mengikuti bootcamp dan tingkat kepuasan antara biaya yang dikeluarkan dengan output yang didapatkan. 

Selain itu, penyerapan lulusan di dunia industri dan rata-rata gaji yang didapatkan alumninya menjadi standar tersendiri.

"Ini valid dan kami semacam ingin memberikan standarisasi programmer di Indonesia. Ini bukan profesi yang main-main dan menjanjikan. Jogja pas jadi markas kedua kami yang akan mulai berjalan di akhir pertengahan Oktober 2017," ungkap Taufan.

Di Indonesia sendiri, belum banyak penyedia bootcamp profesional seperti Refactory.id, namun hal itu akan menjadi tren dalam beberapa tahun kedepan yang akan merambah kota besar lainnya seperti Jakarta dan Surabaya.

(dms/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP