Senin, 11 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Sepakbola Indonesia

Resmi Diubah, Ini Format Baru Piala AFF 2018

| editor : 

Piala AFF 2018 berbeda dari sebelumnya.

Piala AFF 2018 punya format baru. (Aseanfootball.org)

JawaPos.com - Piala AFF mulai 2018 akan mengalami perubahan. Ada format baru yang sudah diresmikan oleh seluruh anggota AFF.

Regulasi yang diubah salah satunya adalah jumlah tim. Jika 2016 lalu cuma delapan negara, maka pada gelaran 2018 akan diikuti 10 tim.

Jadi nantinya tak ada lagi babak kualifikasi seperti biasanya. Dalam laman resmi AFF ditulis kalau kualifikasi hanya akan mempertandingkan peringkat 10 dan 11 di ASEAN dalam ranking FIFA.

Sesuai dengan ranking terakhir setelah Piala AFF 2016, maka Timor Leste dan Brunei akan bertanding dalam kualifikasi. Formatnya nanti akan laga kandang dan tandang.

Selanjutnya pada sistem grup, akan memberlakukan kandang-tandang, tak lagi home turnament. Lima tim dari tiap grup akan menjalani dua laga kandang dan dua laga tandang.

Kemudian setelah itu langsung lolos ke semifinal, formatnya tak berbeda dari sebelumnya, yakni dua leg. Hal serupa juga di final.

Piala AFF 2018 sendiri rencananya akan dimulai pada November hingga 15 November. Indonesia sendiri belum pernah menang, tapi sudah lima kali jadi finalis alias rebut runner-up.

(ies/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP