Rabu, 18 Oct 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Pakai Peci di Sidang Umum PBB, Apa yang Disampaikan Wapres JK?

| editor : 

Peci JK di Sidang Umum PBB

Wapres Jusuf Kalla saat berpidato di Sidang Umum PBB, Kamis (21/9) (TIM MEDIA WAPRES)

JawaPos.com - Ada yang menarik dari penampilan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla membacakan pidato saat membacakan pidato pada sesi debat umum Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Kamis (21/9), yakni dengan mengenakan peci.

Penampilan itu untuk di Indonesia memang dianggap sebagai pemandangan yang biasa. Namun untuk di forum internasional tentunya memiliki makna tersendiri. Akan tetapi, JK mengklaim mengenakan peci untuk memberikan nuansa yang berbeda dalam sidang yang dihadiri delegasi dari berbagai dunia itu.

JK yang ditemui usai pidato itu menuturkan bahwa setidaknya ada dua hal yang ingin dia sampaikan dengan mengenakan peci hitam itu. Pertama, dalam rangka memperingati satu muharam yang jatuh Kamis (21/9). ”Hari ini (Kamis) satu Muharam. Di Indonesia dirayakan,” ujar JK di Qatar Lounge, markas besar PBB, New York.

Peci JK di Sidang Umum PBB

Wapres Jusuf Kalla saat berpidato di Sidang Umum PBB, Kamis (21/9) (TIM MEDIA WAPRES)

Pada awal pidatonya, JK juga mengucapkan selamat merayakan Satu Muharam atau tahun baru hijriah.

Selain itu, ketua umum Dewan Masjid Indonesia itu mengungkapkan, memakai peci adalah bentuk identitas Indonesia di sidang umum PBB. Dia pun menuturkan bisa jadi hanya dirinya saat itu yang mengenakan penutup kepala di dalam ruangan tersebut.

”Ingin kembali memberikan identitas keindonesiaan di forum internasional. Yang hadir hanya saya barangkali yang pakai tutup kepala. Terkecuali perempuan,” kata JK lantas tersenyum.

Tapi, bukan hanya itu dalam pidatonya JK juga menyebutkan salah satu slogan yang sering diucapkan orang Indonesia. Slogan itu dia ucapkan dalam bahasa Indonesia yang kemudian diterjemahkan dalam bahasa Inggris. ”Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Which translates into united we stand divided we fall,” tandasnya.

(jun/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP