Senin, 23 Oct 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Siap Rebut Hawija dari ISIS

| editor : 

MASIH ADA: Kepulan asam pekat di atas Kota Tua, Mosul akibat bentrokan antara militer dan sisa-sisa anggota ISIS sehari setelah deklarasi kemenangan oleh PM Iraq.

MASIH ADA: Kepulan asam pekat di atas Kota Tua, Mosul akibat bentrokan antara militer dan sisa-sisa anggota ISIS sehari setelah deklarasi kemenangan oleh PM Iraq. (Felipe Dana/AP PHOTO)

JawaPos.com – Upaya bersih-bersih kelompok militan Islam atau ISIS terus dilakukan militer Iraq. Setelah sukses meraih kembali Mosul dari tangan ISIS, kini mereka mengincar Hawija. Mulai Kamis (21/9), militer Iraq meningkatkan serangan di kota yang berbatasan dengan Kirkuk dan Mosul tersebut. Saat ini ISIS hanya menguasai dua kota di Iraq. Yakni, Hawija dan Deir Al-Zour.

Sejak Selasa, militer berada di lokasi. Namun, baru dua hari kemudian, mereka melancarkan serangan. Komandan operasi gabungan Iraq menyatakan, dalam serangan pertama tersebut, mereka berhasil
mengambil alih 11 desa di Kota Hawija.

”Kami sukses melancarkan serangan pertama,” kata Letjen Abdul Ameer Yarallah, komandan pasukan. Dia tidak menjelaskan 11 desa itu termasuk berapa persen dari total wilayah Hawija. Hanya, mereka akan melancarkan serangan kedua secepatnya.

PBB meminta pemerintah Iraq untuk tetap memperhatikan keamanan warga Hawija. Diperkirakan, ada 85 ribu warga yang terpaksa mengungsi akibat pertempuran tersebut. Juga ada 30 ribu anak-anak yang terancam jiwanya.

”Mereka sudah menderita akibat ISIS. Tidak ada makanan dan obat. Mereka semua kurang gizi,” begitu peringatan yang diberikan Save The Children, salah satu lembaga yang berinduk pada PBB. (*)

(BBC/Reuters/c6/any)

Sponsored Content

loading...
 TOP