Jumat, 15 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Alhamdulillah, Arab Saudi Cabut Larangan Panggilan via Internet

| editor : 

Ilustrasi

Ilustrasi (Pixabay)

JawaPos.com – Pengguna internet di Arab Saudi bisa sedikit gembira. Larangan panggilan suara maupun video secara online resmi dicabut pemerintah. Jadi, voice call melalui WhatsApp, Facebook, atau Skype bisa dilakukan sejak Rabu (20/9).

Sejak terjadinya gerakan Arab Spring 2011 yang berujung dengan penggulingan pemerintahan di beberapa negara di Jazirah Arab, pemerintah Saudi mengawasi dan membatasi akses komunikasi warganya.

’’Semua layanan panggilan suara dan video secara online seperti Skype dan WhatsApp bisa diakses tengah malam nanti,’’ ujar Adel Abu Hameed, juru bicara Komisi Teknologi Informasi dan Komunikasi Saudi, kemarin (20/9). Namun, pemerintah tetap bakal mengawasi penggunaan internet dalam bentuk data dan suara, terutama yang terkait hal-hal berbau ekstremis, pornografi, serta perjudian.

Kementerian Informasi Arab Saudi mengungkapkan bahwa transformasi digital adalah salah satu kunci dari perekonomian di Saudi. Perubahan yang ada saat ini bakal menumbuhkan bisnis yang berbasis internet. Terutama di industri media dan hiburan.

VoIP atau voice over internet protocol adalah teknologi yang memungkinkan percakapan jarak jauh lewat internet. Keputusan itu bakal disambut gembira kaum milenial Saudi yang sebagian besar tak bisa lepas dari internet.

Lebih dari separo populasi penduduk Saudi adalah remaja yang usianya kurang dari 25 tahun. Mereka kerap kali menghabiskan sebagian besar waktunya dengan berselancar di dunia maya, terutama media sosial.

Di sisi lain, tiga perusahaan telekomunikasi utama di Saudi malah terpukul dengan keputusan itu. Mereka adalah Saudi Telecom Co (STC), Etihad Etisalat (Mobily), dan Zain Saudi. Selama ini mereka mendapatkan keuntungan besar dari panggilan internasional dan pesan teks melalui saluran konvensional yang dikirimkan para ekspatriat yang tinggal di Saudi. (*)

(Reuters/Inquirer/sha/c17/any)

Sponsored Content

loading...
 TOP