Kamis, 14 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Properti

Permudah Akses Antar Wilayah, PUPR Bangun Banyak Jembatan Gantung

| editor : 

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono (Istimewa for JawaPos.com)

JawaPos.com - Pembangunan infrastruktur yang tengah gencar dilakukan pemerintah tidak hanya menggarap proyek skala besar, tetapi juga menyasar infrastruktur kecil yang menyangkut hajat hidup masyarakat bawah.

Selain membangun bendungan, jalan tol, pembangkit listrik dan proyek skala besar lainnya, pemerintah juga giat menggarap proyek jembatan gantung, embung, irigasi tersier dan sejumlah proyek lainnya yang banyak berhuhungan langsung dengan masyarakat bawah.

"Proyek jembatan gantung cukup efektif membantu menghubungkan dua wilayah terpisah," ujar Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (19/9).

Terakhir, Presiden Joko Widodo meresmikan dua buah jembatan gantung yaitu Jembatan Gantung Mangunsuko (120 meter) yang menghubungkan Desa Sumber dan Desa Mangunsuko dan Jembatan Gantung Krinjing (90 meter) yang menghubungkan Dusun Krinjing dengan Dusun Paten, dan Dusun Jombong serta Dusun Gandelan, di Magelang Jawa Tengah.

Kebutuhan jembatan gantung yang menghubungkan wilayah yang satu dengan wilayah lainnya cukup besar.
Pemerintah berencana membangun 70 jembatan gantung di sejumlah wilayah dan bertambah 300 jembatan gantung lagi tahun depan.

Selain jembatan gantung Krinjing dan Mangunsuko yang baru saja diresmikan, sebelumnya Kementerian PUPR sendiri telah merampungkan pembangunan 2 jembatan gantung senilai Rp 10,3 miliar pada tahun 2016 di Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang, yakni Jembatan Galeh (90 meter) dan Jembatan Suropadan (120 meter) .

Menurut Menteri Basuki, dengan adanya jembatan gantung akan memudahkan akses masyarakat dalam beraktivitas. Hasil kebun dan pertanian juga bisa dipasarkan dengan lebih efisien dan mudah lewat jembatan gantung ini.

Rencananya, tahun depan, Kementerian PUPR akan membangun 30 buah jembatan gantung di Banten, kemudian berlanjut ke lokasi lain di Jawa dan Luar Jawa.

(nas/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP