Kamis, 21 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Travelling

Oktober, Turis Mancanegara Makin Mudah Ke Danau Toba

| editor : 

Danau Toba bakal makin dikenal dunia karena penerbangan internasional siap dilakukan di Bandara Silangit

Danau Toba bakal makin dikenal dunia karena penerbangan internasional siap dilakukan di Bandara Silangit (DOK. JAWA POS)

JawaPos.com – Danau Toba di Sumatera Utara bakal lebih mendunia karena makin mudah dijangkau. Sebab, pada pertengahan Oktober 2017, Bandar Udara Silangit, Tapanuli, Sumatera Utara ditargetkan dapat melayani penerbangan internasional. Saat ini, perbaikan terus dilakukan agar dapat melayani penerbangan internasional tepat pada waktunya.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin membeberkan, saat ini pihaknya sedang melakukan perluasan landasan pacu di Bandara Silangit. Landasan pacu itu sengaja diperpanjang agar pesawat seperti jet dapat lepas landas.

"Jadi sekarang tinggal penyelesaian sampai dengan perpanjangan runway jadi 2.650 meter. Perpanjangan runway sudah dua kali dari 2.250 meter diperpanjang 150 meter, lalu nanti diperpanjang lagi," ujarnya di Kementerian Kemaritiman, Jakarta, Kamis (14/9).

Ilustrasi kawasan wisata Danau Toba

Ilustrasi kawasan wisata Danau Toba (DOK. SUMUT POS)

Lanjutnya, untuk terminal, progres penyelesaiannya diharapkan selesai dalam waktu dekat. Saat ini hanya beberapa fasilitas penunjang saja yang perlu dipercepat pemasangannya.

"Tinggal beberapa saja saran penunjang, CCTV, public announcement, flight information dispaly sistem, awal Oktober juga bisa selesai," jelas dia.

Dia juga menjelaskan jika pihak terkait sudah sudah mendukung persemian penerbangan internasional tersebut. Mulai dari maskapai prioritas yakni Garuda Indonesia, Badan Otoritas Toba, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Daerah Tapanuli Utara.

Rencananya, penerbangan rute Singapura - Danau Toba siap dilakukan pada Oktober. "Desain dari badan otoritas di sekitar 17 Oktober. Kesiapannya juga untuk rute Singapura-Danau Toba-Singapura," pungkasnya.

(cr4/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP