Senin, 25 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Resmi, Halimah Jacob jadi Presiden Singapura

| editor : 

LEGAL: Halimah Yacob diambil sumpahnya didampingi PM Singapura Lee Hsien Loong dan ketua MA Sundaresh Menon, di Istana Negara, Kamis (!4/9).

LEGAL: Halimah Yacob diambil sumpahnya didampingi PM Singapura Lee Hsien Loong dan ketua MA Sundaresh Menon, di Istana Negara, Kamis (!4/9). (ONG WEE JIN/Straits Times)

JawaPos.com – Halimah Yacob sadar benar bagaimana terpilihnya dia menjadi presiden membuat kontroversi di antara masyarakat Singapura. Dalam pidato perdananya setelah dilantik dan resmi menjadi presiden pada Kamis (14/9) sore ini, Halimah mengatakan bahwa dia menghormati pandangan mereka.

”Seperti mereka, saya menantikan hari ketika kita tidak lagi perlu bergantung pada undang-undang untuk menghelat pemilihan. Orang Singapura berharap memilih sendiri presiden mereka,” kata Halimah di Istana Negara seperti dilansir dari The Straits Times.

”Hari ini, saya ingin meyakinkan semua warga Singapura bahwa sebagai presiden Anda, saya akan melayani Anda semua, terlepas dari ras, bahasa, atau agama," tegasnya.

Pernyataanya itu seiring dengan komentarnya mengenai perlindungan indentitas multiras di Singapura. Dalam peraturan tersebut, pemerintah memastikan setiap kelompok etnis - termasuk kelompok minoritas - memiliki kesempatan untuk menjabat di kantor pemerintahan Singapura sepanjang waktu.

”Kita telah membuat kemajuan besar dalam membangun masyarakat multiras selama bertahun-tahun, namun kami juga tahu bahwa ini adalah pekerjaan konstan yang terus berlanjut. Kami memerlukan petunjuk arah untuk membantu kami sepanjang perjalanan ini,” ulas perempuan 63 tahun itu. (*)

(tia/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP