Kamis, 23 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Humaniora

Temui Menko Luhut, Kepala Bappenas Bahas Perpanjangan Giant Sea Wall

| editor : 

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brojonegoro

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brojonegoro (Dok.JawaPos.com)

JawaPos.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro hari ini melakukan rapat dengan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di kantor Kementerian Kemaritiman.

Bambang mengatakan, tidak membahas perihal reklamasi Pulau C, D dan G. Ia mengaku tak ada keterkaitan perihal reklamasi.

Saat ini, diakuinya yang menjadi fokus Kementerian PPN adalah perihal pembangunan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) atau Giant Sea Wall.

Progres pembangunan Giant Sea Wall sendiri saat ini sudah mencapai 20 kilometer (KM). Bappenas berencana memperpanjangnya hingga 60 KM.

Sebab, tanggul yang ada sekarang dianggap masih belum mencukupi dalam meredam penurunan tanah di Jakarta.

"Saya enggak ngurusin reklamasi, saya ngurusin perencanaan NCICD yang sudah selesai dan sudah dijalankan yaitu tanggul pantai sepanjang 20 kilometer. Nanti tanggul pantainya kalau perlu diperpanjang sampai 60 kilometer. Masih kurang juga buat tanggul laut jadi itu hasil kita. Saya enggak ngomongin reklamasi sama sekali," kata Bambang di Jakarta, Kamis (14/9).

Perihal pembiayaan untuk penambahan perpanjangan NCICD, Bambang enggan menjelaskan secara detil. Pihaknya ingin fokus terlebih dahulu mengurusi pembangunan Giant Sea Wall.

"Itu nanti NCICD saja belum tahu kapan, nanti kita pikirkan saja," pungkasnya. (cr4/Hana)

(cr4/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP