Senin, 11 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Kesehatan

Tangkal Penyakit Jantung Koroner dengan SEHAT, Ini Caranya

| editor : 

Ilustrasi : Seorang pria terkena serangan jantung.

Ilustrasi : Seorang pria terkena serangan jantung. (Dok.JawaPos.com)

JawaPos.com – Berbagai penyebab atau faktor risiko penyakit jantung koroner (PJK) dan penyakit kardiovaskular umumnya disebabkan lima hal. Di antaranya, hipertensi, diabetes, kolesterol, genetik, hingga merokok. Karena itu, dalam menyambut Hari Jantung Sedunia pada 29 September nanti, Yayasan Jantung Indonesia mengkampanyekan Panca Usaha Jantung Sehat lewat SEHAT.

SEHAT memiliki makna Seimbangkan gizi, Enyahkan rokok, Hadapi dan atasi stres, Awasi tekanan darah, dan Teratur berolahraga. Dengan begitu, setidaknya penyakit kardiovaskular bisa dicegah.

“Waspada penyakit kardiovaskular, pembunuh nomor satu di dunia. Kami ajak masyarakat dengan SEHAT lebih tingkatkan kepedulian cegah penyakit kardiovaskular. Beri inspirasi bersama jaga jantung sehat,” kata Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia Syahlina Zuhal, Kamis (14/9).

Syahlina menambahkan, prevalensi angka penyakit jantung di era modern sangat mengkhawatirkan. Gaya hidup masyarakat makan makanan tinggi gula, lemak dan garam serta kurangnya olahraga, membuat mereka rentan terkena penyakit degeneratif.

“Ayo terapkan gaya hidup lifestyle yang sehat agar terhindar dari penyakit jantung,” pintanya.

Dia juga mengingatkan agar seluruh masyarakat terutama pria menjauhi rokok. Jika perokok berat, Syahlina yakin dengan tekad yang kuat maka hal itu bisa diatasi.

“Awas, kurangi rokok ya. Batasi perlahan pasti bisa lama-lama berhenti. Rokok menjadi pemicu utama saat ini,” tukasnya.

Bahkan tren penyakit ini, kata dia, bergeser ke usia muda. Dia mengingatkan agar masyarakat juga rajin mengecek tekanan darahnya untuk menghindari stroke tiba-tiba.

“Banyak orang tak sadar ternyata tekanan darahnya tak terkontrol. Datang saja ke Yayasan Jantung Indonesia jika ingin cek. Jangan sampai stroke menyerang di usia muda,” tandasnya. 

(ika/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP