Kamis, 23 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Sepakbola Indonesia

Liga 2 2017

Bungkam Persinga Empat Gol Tanpa Balas, Persebaya Juara Grup 5

Persebaya Surabaya 4-0 Persinga Ngawi

| editor : 

Persebaya Surabaya memastikan menjadi juara Grup 5 Liga 2 2017 usai menang atas Persinga pada laga pamungkas

Persebaya Surabaya memastikan menjadi juara Grup 5 Liga 2 2017 usai menang atas Persinga pada laga pamungkas (Guslan Gumilang/Jawa Pos)

JawaPos.com - Persebaya Surabaya menutup pertandingan di Grup 5 kompetisi Liga 2 2017 dengan kemenangan fantastis. Green Force - julukan Persebaya menggunduli Persinga Ngawi dengan skor 4-0 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kamis (14/9) sore. Kemenangan ini membuat Persebaya tak tergeser di puncak klasemen Grup 5.

Persebaya mendapat kesempatan pertama ketika babak pertama baru memasuki menit kedua. Sayang tak ada yang menyambut crossing Misbakhus Solikin. Peluang kembali hadir dari heading Solikin di menit kesepuluh. Meski on target, bola sukses disapu bersih bek Persinga.

Persebaya nampak kesulitan untuk membongkar strategi parkir bus yang diterapkan tim Persinga pada 20 menit awal babak pertama. Persebaya mengubah variasi serangan dengan memaksimalkan sepakan jarak jauh. Salah satunya yang dilakukan M. Hidayat pada menit ke-22. Sayang bola berhasil ditepis kiper Bagus Prasetyo.

Irfan Jaya turut mencetak gol saat Persebaya menang 4-0 atas Persinga

Irfan Jaya turut mencetak gol saat Persebaya menang 4-0 atas Persinga (Angger Bondan/Jawa Pos)

Usaha Persebaya untuk menjebol gawang Persinga akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-26 melalui tendangan dari dalam kotak penalti Sidik Saimima. Sepakannya memanfaatkan kemelut di depan kotak penalti Persinga gagal diantisipasi kiper Bagus Prasetyo.

Tendangan on target pertama untuk Persinga dilakukan Harris Kartika Yudha menit ke-30. Bola sukses ditangkap kiper Persebaya Miswar Saputra. Kebobolan satu gol membuat Persinga bermain lebih terbuka. Mereka mulai berani menekan pertahanan Persebaya.

Bermain terbuka membuat Persinga sedikit lengah dalam bertahan. Persebaya dengan cerdik memaksimalkan kondisi ini untuk mencetak gol kedua dari kaki Irfan Jaya menit ke-33. Irfan menyambar umpan terobosan Ricky Kayame untuk menundukkan kiper Bagus Prasetyo.

Persinga hampir memperkecil kedudukan menit ke-35 lewat aksi Harris Kartika Yudha. Meski tinggal berhadapan dengan kiper, Harris justru mencungkil bola sehingga melambung di atas mistar. Persinga diganjar hukuman penalti menyusul pelanggaran bek Heri Setiawan kepada Ricky menit ke-38.

Misbakhus Solikin yang menjadi eksekutor penalti sukses mengelabuhi kiper Bagus Prasetyo pada menit ke-40. Persebaya unggul 3-0. Konsentrasi lini belakang Persinga benar-benar hancur pada menit akhir babak pertama. Persebaya memanfaatkan kondisi ini untuk mencetak gol keempat dari aksi Ricky Kayame menit ke-43. Skor 4-0 untuk Persebaya menutup pertandingan di babak pertama.

Anak-anak Persinga mulai bermain keras di babak kedua. Pada awal laga, Sidik Saimima ditendang dari belakang oleh Heri Setiawan. Sayang wasit dalam posisi terlalu jauh dari lokasi kejadian. Setelah Saimima, giliran Irfan Jaya yang menjadi sasaran. Lagi-lagi wasit tak memberikan hukuman apapun untuk pemain Persinga.

Peluang untuk Persebaya diciptakan Irfan Jaya menit ke-56. Sayang bola mengarah tepat ke pelukan penjaga gawang Bagus Prasetyo. Peluang kedua hadir lewat sepakan Ricky Kayame pada menit ke-64. Lagi-lagi bola berhasil ditepis kiper Bagus. Kiper Persebaya Miswar Saputra melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-74. Ia menggagalkan tendangan on target Wage Dwi Aryo.

Pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera melakukan perubahan strategi dengan memasukkan Rishadi Fauzi menggantikan Thaufan Hidayat menit ke-75. Alfredo nampaknya ingin memaksimalkan bola-bola lambung. Tubuh jangkung Fauzi sangat mendukung untuk strategi ini.

Peluang on target untuk Persinga kembali hadir pada menit ke-85. Akan tetapi sepakan M. Fatkhur Rosi mendarat di pelukan Miswar. Persebaya membalas lewat sundulan terarah Rishadi Fauzi menit ke-87. Meski gagal diantisipasi kiper, bola justru membentur mistar gawang.

Pelanggaran yang dilakukan Achmad Sholeh kepada Irfan Jaya berbuah kartu kuning kedua pada menit ke-90. Diusirnya Sholeh membuat Persinga bermain dengan sepuluh orang pada masa injury time. Tak ada tambahan gol hingga pertandingan berakhir. Persebaya menang telak 4-0 pada laga terakhirnya di Grup 5.

SUSUNAN PEMAIN
Persebaya Surabaya: Miswar Saputra, Andri Muliadi (Rahmad Juliandri, 65', Fandry Imbiri, M. Irvan Febrianto, Abu Rizal Maulana, Sidik Saimima, M. Hidayat (Adam Maulana, 58'), Irfan Jaya, Ricky Kayame, Thaufan Hidayat (Rishadi Fauzi, 75'), Misbakhus Solikin
Pelatih: Angel Alfredo Vera

Persinga Ngawi: Bagus Prasetyo, Abdul Muis (Achmad Sholeh), Andre Oki Sitepu, Heri Setiawan, Rahmad Sucipto, Ferdiansyah (M. Bagus Yulianto, 52'), Harris Kartika Yuda, Fatkhur Rosi, Rosad Setiawan, Slamet Hariyadi, M. Zamnur (Wage Dwi Aryo, 91')
Pelatih: M. Fachrudin

Wasit: Dafid Priatmoko (Semarang)

(saf/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP