Sabtu, 23 Sep 2017
Logo JawaPos.com
Humaniora

Menko Puan: Indonesia Siap Gelar Festival Seni Budaya Europalia 2017

| editor : 

Menteri PMK Puan Maharani, bersama Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Muhadjir Effendy dan Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi saat rakor tingkat Menteri tentang persiapan Europalia Art Festival Indonesia di Kantor Kementerian PMK, Jakarta.

Menteri PMK Puan Maharani, bersama Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Muhadjir Effendy dan Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi saat rakor tingkat Menteri tentang persiapan Europalia Art Festival Indonesia di Kantor Kementerian PMK, Jakarta. (Dery Ridwansah/ Jawa Pos)

JawaPos.com - Indonesia pada Oktober 2017 mendatang akan menjadi penyelenggara festival gelaran seni budaya multidisiplin bergengsi terbesar di Eropa, yakni Europalia 2017 di Brussel, Belgia. Indonesia menjadi negara ASEAN pertama yang mendapat status 'Negara Tamu Kehormatan' dalam acara tersebut.

Festival yang akan berlangsung dari 10 Oktober 2017 hingga 21 Januari 2018 ini, akan dibuka langsung oleh Raja Belgia dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengatakan, festival akan menampilkan 34 pameran pertunjukan, musik, film, yang akan memakan waktu 104 hari meliputi 7 negara dengan 40 kota yang ada di Eropa. Tujuh negara itu meliputi Belgia, Perancis, Jerman, Belanda, Austria, Polandia dan Inggris.

"Kesiapan telah  dilakukan oleh Kemendikbud dan Dirjen Kebudayaan  yang  akan menampilkan berbagai macam event dengan 316 peserta kesenian atau seniman yang akan kita ikut sertakan yang dikoordinasi pak Mendikbud," kata Puan di kantornya, Jakarta, Kamis (14/9).

Politisi PDIP itu mengaku Indonesia sudah 100 persen siap menjadi penyelenggara festival tersebut. Berbagai posko juga sudah dipersiapkan bagi para kontingen di Kedutaan Brussels dan Den Haag yang akan dikoordinasi langsung oleh Menteri Luar Negeri, Retno L.P. Marsudi.

Menko PMK Puan Maharani

Menko PMK Puan Maharani (Dery Ridwansah/Jawa Pos)

"Kami tegaskan bahwa Indonesia sangat siap," tegasnya.

Sekedar informasi, setelah melalui seleksi ketat dan panjang, Indonesia akhirnya ditetapkan menjadi Guest Country atau Negara Tamu Festival Seni EUROPALIA 2017 (EUROPALIA Arts Festival 2017).

Terpilihnya Indonesia sebagai Guest Country berdasarkan Memorandum of Understanding Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Europalia International tertanggal 14 Juli 2015, serta ditandatanganinya Framework Agreement Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Europalia International tertanggal 7 Desember 2015.

Ini menjadi kabar baik bagi Indonesia, karena baru ada tiga negara yang pernah menjadi Guest Country EUROPALIA di Asia antara lain, Jepang (1989), China (2009), dan India (2013). 

(cr4/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP