Selasa, 21 Nov 2017
Logo JawaPos.com
Sepakbola Indonesia

Piala AFF U-18

Tak Ada Alasan Bagi Indonesia Tak Konfiden Lawan Thailand

Laporan Aditya Prahara dan Dika dari Myanmar

| editor : 

BISA MENANG: Indonesia harus konfiden melawan Thailand di semifinal.

BISA MENANG: Indonesia harus konfiden melawan Thailand di semifinal. (Dika Kawengian/Jawa Pos)

JawaPos.com- Thailand memang sering sekali jadi batu terjal bagi Indonesia di lapangan hijau. Tapi, ada sejumlah alasan mengapa skuad Merah Putih patut percaya diri saat berhadapan dengan Negeri Gajah Putih itu di semifinal Piala AFF U-18 Jumat sore (15/9).

Pertama, kepercayaan diri tim asuhan Indra Sjafri tersebut terangkat setelah lolos ke semifinal dengan status juara grup B. Sebab, di laga terakhir Rabu (13/9) di Stadion Thuwunna, Yangon, Indonesia menghajar Brunei Darussalam 8-0.

Alasan kedua, produktivitas Garuda Nusantara –julukan Rachmat Irianto dkk– di atas si calon lawan. Mereka berhasil mengoleksi 19 gol dan kebobolan empat kali. Bandingkan dengan Thailand, runner-up grup A, yang hanya mencetak sembilan gol dan kebobolan dua kali.

”Saya belum pikirkan dulu soal lawan. Jeda hanya satu hari. Jadi, kami akan manfaatkan dulu untuk recovery supaya lebih cepat,” kata Indra.

Indonesia dan Thailand sudah lima kali berduel sepanjang sejarah turnamen ini. Hasilnya, Merah Putih cuma menang sekali. Di empat laga lainnya jadi pecundang.

Namun, catatan kesuksesan Evan Dimas Darmono dkk di turnamen yang sama edisi 2013 bisa jadi tempat becermin. Ketika itu Garuda Jaya juga menembus semifinal dengan noda satu kekalahan di fase grup. Tapi, akhirnya melaju ke final dan menjadi juara. ”Bagaimana di semifinal, baru akan kami pikirkan seperti apa lawan kami,” kata Indra.

Senada dengan sang pelatih, kapten Rachmat Irianto menegaskan pentingnya menjaga kebugaran menjelang semifinal. ”Apa pun lawannya, kami harus siap untuk bertanding. Kami juga nunggu dulu arahan dari pelatih,” ujar bek Persebaya Surabaya itu.

(*/c10/ttg)

Alur Cerita Berita

Sponsored Content

loading...
 TOP