Sabtu, 25 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Sepakbola Dunia

Liga Champions 2017-2018

Debut di Liga Champions, Para Pemain RB Leipzig Dinilai Gugup

| editor : 

Striker Leipzig, Yussuf Poulsen, dikepung dua pemain Monaco. Leipzig bermain imbang 1-1 saat menjamu Monaco

Striker Leipzig, Yussuf Poulsen, dikepung dua pemain Monaco. Leipzig bermain imbang 1-1 saat menjamu Monaco (AFP)

JawaPos.com - RB Leipzig melakoni debut di Liga Champions saat menjamu AS Monaco, Kamis (14/9) dini hari WIB. Pelatih Ralp Hasenhuttl menilai para pemainnya gugup lantaran pertama kali berlaga di ajang Liga Champions.

Hal itu disebutnya menjadi salah satu faktor Leipzig gagal meraih kemenangan. Sempat unggul lebih dahulu lewat gol Emil Forsberg pada menit 32, Leipzig harus puas bermain imbang 1-1. Monaco merespons cepat dengan membalas gol Forsberg selang dua menit kemudian. Youri Tielemans mencetak gol pada menit 34.

Toh, hasil seri tersebut tak membuat Hasenhuttl kecewa. Pelatih asal Austria itu tetap senang lantaran bisa mendapat poin dari semifinalis Liga Champions musim lalu. Ini merupakan poin pertama Leipzig di Liga Champions dalam sejarah klub.

Sebenarnya Leipzig bisa saja meraih kemenangan. Dua peluang emas dari Timo Werner dan Jean-Kevin Agustin gagal berbuah gol.

"Kami tetap senang dengan satu poin ini meski kami tak bekerja maksimal. Kami sebenarnya mampu mengimbangi permainan Monaco dan memiliki sejumlah peluang," sebut Hasenhuttl seperti dilansir Soccerway.

Imbuhnya, "Ini adalah debut kami di Liga Champions dan saya akui para pemain masih gugup. Beberapa kesalahan elementer terjadi dan saya rasa itu wajar. Liga Champions adalah ajang bergengsi dan semua tim kuat tampil di sini. Sedangkan kami bukanlah tim kuat di Eropa dan baru musim ini bermain di Liga Champions".

Leipzig memang klub anyar. Klub ini baru resmi ada pada 19 Mei 2009. Leipzig berlaga di kasta bawah yakni Oberliga atau semiprofesional. Kemudian pada 2010-2013, Leipzig tampil di Regionalliga.

Lesatan Leipzig cukup kencang. Pada 2013-2014 mereka sudah bisa berlaga di Bundesliga 3. Dan, pada 2014-2015 promosi ke Bundesliga 2. Semusim di Bundesliga 2, Leipzig promosi ke kasta tertinggi dan bermain di Bundesliga 1 pada 2016-2017. Ini untuk pertama kali mereka tampil di Bundesliga 1.

Pada akhirnya sejarah berhasil mereka ciptakan. Leipzig berhasil menjadi runner-up Bundesliga 1 2016-2017 yang berarti lolos langsung ke fase grup Liga Champions 2017-2018. Dalam debutnya, mereka mampu menahan imbang AS Monaco.

(epr/Soccerway/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP