Minggu, 24 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Hukum & Kriminal

Penyidikan Tetap Berjalan, KPK Doakan Novanto Segera Sembuh

| editor : 

Setya Novanto

Setya Novanto (Hendra Eka/Jawa Pos)

JawaPos.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak bisa begitu saja memeriksa tersangka kasus korupsi e-KTP Setya Novanto. Pasalnya, pria yang kini menjabat sebagai Ketua DPR itu dalam keadaan sakit.

Apalagi, dalam pemeriksaan, pertanyaan pertama yang dilontarkan penyidik KPK adalah apakah yang bersangkutan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.

"Jadi tidak mungkin kita memaksakan seseorang sakit untuk diperiksa. Mudah-mudahan cepat sembuh," ujar Komisioner KPK Basaria Panjaitan ditemui di Kantor DPP Partai Demokrat, Wisma Proklamasi, Menteng, Jakarta, Rabu (13/9).

Namun dia memastikan bahwa penyidikan terhadap kasus korupsi yang merugikan negara senilai Rp 2,3 triliun itu akan terus berjalan. Itu walaupun ada permintaan dari Novanto melalui surat resmi Kesekretariatan Jenderal DPR yang ditandatangani Fadli Zon, untuk menunda proses pemeriksaan terhadapnya. Sebab, ada tahapan praperadilan yang diajukan.

"Penyidikan sampai saat ini tetap jalan, tidak terpengaruh. Kita tunggu hasil praperadilan," tegas Basaria.

Kendati demikian, menurut dia boleh saja Novanto sebagai tersangka meminta penangguhan proses penyedikan. Akan keputusannya tergantung pada KPK.

"Kalau ada permintaan boleh-boleh saja, masa kita melarang orang meminta. Masalah dikabulkan apa tidak, itu urusan KPK," sindir mantan perwira Polri itu.

Soal apakah surat permintaan penundaan penyidikan itu bentuk intervensi, Basaria tidak berpandangan seperti itu. "Itu bukan bentuk intervensi ya. saya sendiri belum baca isinya, itu bukan intervensi," pungkasnya.

(dna/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP