Rabu, 20 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Pendidikan

Kunci Sukses Universitas Cetak Bibit Unggul Siap Kerja

| editor : 

Ilustrasi

Ilustrasi (doc Jawa Pos.com)

JawaPos.com – Lulus sebagai sarjana, tetapi masih menganggur. Ocehan itu seringkali muncul di kalangan masyarakat terhadap para lulusan atau wisudawan perguruan tinggi. Tak mudah bagi perguruan tinggi bisa mencetak kualitas siap terjun di industri kerja.

Universitas Indonesia (UI) dinobatkan menjadi Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia di dalam mencetak Lulusan Siap Kerja Terbaik sesuai dengan pemeringkatan yang dirilis oleh Quacquarelli Symonds (QS) Graduate Employability Rankings 2018.

Dalam pemeringkatan tersebut, UI berhasil menduduki peringkat pertama di Indonesia serta berhasil meraih peringkat 251+ dunia atas keberhasilan UI menghasilkan sumber daya manusia kompeten dan kompetitif serta berdaya saing unggul di dunia kerja.

“Masa tunggu kerja bagi lulusan UI hanya hitungan bulan, 2-3 bulan, bahkan sebelum lulus juga sudah diincar perusahaan,” kata Rektor UI Muhammad Anis, dalam keterangan tertulis, Rabu (13/9).

Anis mengklaim UI mencetak lulusan yang mengarah menjadi pemimpin di bidang kemanusiaan, kesehatan, sains dan teknologi dan peradaban dengan menyeimbangkan nilai-nilai akademis, moralitas dan seni. Idealnya, kata dia, perguruan tinggi memiliki tanggung jawab utama dalam membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) berintelektualitas tinggi, berbudi luhur dan mampu bersaing secara global.

Menurutnya, melalui pemeringkatan QS Graduate Employability Rankings ini maka dapat membantu Perguruan Tinggi di dalam mengejar komitmennya melalui pemenuhan indikator-indikator Graduate Employability Rankings. Anis menilai pemeringkatan ini sangat baik di dalam mendukung langkah perguruan tinggi agar tidak hanya mengandalkan reputasi semata melainkan juga berkomitmen dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas Tri Darma Perguruan Tinggi.

“Yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang bermutu dan relevan dengan tantangan nasional serta global,” katanya.

QS Graduate Employability Rankings 2018 merilis pemeringkatan atas institusi pendidikan di dunia yang didasarkan atas pemenuhan lima indikator performa yaitu Reputasi Perguruan Tinggi di mata Perusahaan (employer reputation) ; Kemitraan Perguruan Tinggi dengan Perusahaan (partnerships with employers) ; Network yang terjalin antara Perusahaan dengan Mahasiswa (Employer – Student Connections) ; Daya serap lulusan di dunia kerja (Graduate Employment Rate) dan Tingkat Keberhasilan Alumni (alumni outcomes). Pada tahun ini, QS Graduate Employability Rankings mengevaluasi 600 institusi Perguruan Tinggi di dunia dengan melibatkan survei terhadap 130.000 perusahaan yang terkoneksi dengan Perguruan Tinggi.

‘Kami berharap para alumni mampu menjadi pribadi yang sukses di berbagai role yang dia jalani di tengah masyarakat,” tegas Anis.

(ika/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP