Minggu, 24 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Sepakbola Indonesia

Piala AFF U-18 2017

5 Momen Kesuksesan Indonesia Tembus Empat Besar Piala AFF U-18

| editor : 

Garuda Nusantara secara heroik sukses tembus empat besar. (Dika Kawengian/Jawa Pos)

JawaPos.com - Timnas U-19 Indonesia sukses menembus empat besar Piala AFF U-18 2017. Berbagai momen tercipta dan menghiasi perjalanan Egy Maulana cs.

Sejatinya, sejak awal turnamen Indonesia punya jalan mulus. Hal itu tak lepas dari dua kemenangan pada dua laga pertama.

Akan tetapi, kekalahan 0-3 dari Vietnam membuat posisi Garuda Nusantara sempat terancam. Terlebih Myanmar juga mengintai lantaran terus tampil impresif.

Kendati begitu, pasukan Indra Sjafri ini sukses keluar dari lubang jarum. Mereka berhasil lolos sebagai juara grup dan bakal bersua Thailand di semifinal.

Sebelum menatap semifinal, berikut ada lima momen kesuksesan Garuda Nusantara yang JawaPos.com rangkum:

Dua Gol Egy Maulana Lawan Myanmar

Egy Maulana jadi pahlawan kemenangan Indonesia atas tuan rumah Myanmar.

Egy Maulana jadi pahlawan kemenangan Indonesia atas tuan rumah Myanmar. (Dika Kawengian/Jawa Pos)

Pada laga melawan Myanmar, Indonesia sejatinya tampil menguasai. Namun Myat Kaung Khant membuat Garuda Nusantara tersenyap.

Golnya pada menit 28 membuat Indonesia tertinggal. Pasukan Indra Sjafri terus mencari gol penyeimbang dan akhirnya tiba pada menit 72 melalui Egy Maulana.

Aksi Egy itu melecut permainan Indonesia. Laga sempat dikira akan berakhir tanpa pemenang, Egy kembali muncul sebagai pahlawan lewat golnya menit 90+3 yang membuat Garuda Nusantara lakoni comeback brilian.

Kemenangan 9-0 Atas Filipina

Filipina dipermak oleh para pasukan Garuda Nusantara.

Filipina dipermak oleh para pasukan Garuda Nusantara. (Dika Kawengian/Jawa Pos)

Kemenangan 9-0 atas Filipina juga menjadi kunci yang paling sukses. Patut diingat, Piala AFF U-18 2017 memakai hitung-hitungan agresivitas gol lebih dahulu baru head to head untuk ke semifinal.

Garuda Nusantara sukses memanfaatkan hal itu. Tiga gol Feby Eka Putra, brace Egy Maulana dan Muhammad Iqbal, sebiji gol dari Rafli serta Resky membuat Filipina sama sekali tak berdaya.

Indonesia akhirnya ke semifinal berkat laga ini dengan cetak 9 gol. Itu juga merupakan kemenangan terbesar yang dicatat di Piala AFF U-18 2017.

Tangisan Kiper Filipina

Kiper Filipina menangis usai diberondong Indonesia.

Kiper Filipina menangis usai diberondong Indonesia. (Capture Youtube/Viral Daily)

Kemenangan Indonesia atas Filipina juga diwarnai oleh tangisan Kiper Filipina, Quincy Kammeraad. Dia menangis usai diusir wasit saat hadapi Indonesia U-19, Kamis (7/9) lalu.

Quincy sebenarnya bermain bagus dalam laga tadi. Buktinya dia sukses menepis satu tendangan penalti dari Asnawi Mangkualam.

Kendati demikian, dia tampaknya sangat kesal dengan longgarnya pertahanan Filipina. Puncaknya, kala dia Muhammad Rafli di kotak penalti dengan keras.

Usai dikartumerah, Quincy terlihat emosional. Dia menangis dan langsung dengan sadar bakal diusir lantaran langsung melepas sarung tangannya.

Gol Cepat Rafli

Rafli sukses cetak gol cepat dengan 43 detik.

Rafli sukses cetak gol cepat dengan 43 detik. (Dika Kawengian/Jawa Pos)

Rafli menjadi bintang saat lawa melawan Brunei Darussalam. Kunci semua itu adalah Rafli. Ya, pemain jebolan dari Liga Santri tersebut sukses mencetak gol tercepat turnamen, yakni 43 detik!

Sontak, Indonesia langsung menguasai jalannya laga. Tuntutan untuk cetak 8 gol berhasil mereka selesaikan dengan manis ke gawang Brunei.

Bukan cuma itu, pasukan Indra Sjafri itu cuma butuh 68 menit untuk mengemas 8 gol ke gawang Brunei Darussalam.

Masing-masing gol itu diciptakan oleh hattrick Muhammad Rafli, brace Egy Maulana dan Witan Sulaiman, serta Hanis Saghara. Kemenangan itu buat Indonesia lolos ke semifinal tanpa tergantung hasil lain.

Dua Kali Hattrick Indonesia

Selain Rafli, Feby juga catatkan Hat-trick di Piala AFF U-18 2017.

Selain Rafli, Feby juga catatkan Hat-trick di Piala AFF U-18 2017. (Dika Kawengian/Jawa Pos)

Penampilan pasukan Indra Sjafri pada Piala AFF U-18 2017 ini terbilang sangat istimewa. Selain Egy Maulana yang istimewa karena jadi top skorer Indnesia dengan enam gol, ada pemain lain yang juga tak kalah cemerlang.

Dialah Feby Eka Putra dan Muhammad Rafli. Ya, kedua pemain ini sukses mencetak hat-trick untuk Indonesia. Feby catatkan tiga gol saat Indonesia menang 9-0 atas Filipina, sedangkan Rafli hat-trick saat cukur 8-0 Brunei.

Sejauh fase grup, ada tujuh pemain Indonesia yang terlibat mencetak gol. Garuda Nusantara sendiri kemas 19 gol dalam hanya empat laga, alias 4,75 gol per pertandingan.

(ies/JPC)

Alur Cerita Berita

Sponsored Content

loading...
 TOP