Minggu, 24 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Hukum & Kriminal

Polisi Dalami Kasus Kematian Bayi Debora, Ancamannya Penjara 10 tahun

| editor : 

Bayi Debora, korban dari kejamnya birokrasi RS Mitra Keluarga Kalideres

Bayi Debora, korban dari kejamnya birokrasi RS Mitra Keluarga Kalideres (facebook)

JawaPos.com - Polisi terus mengusut kasus tewasnya bayi perempuan bernama Tiara Debora Simanjorang yang diakibatkan dari kelalain Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat. 

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Adi Deriyan Jaya Marta menyatakan pihaknya saat ini tengah melakukan upaya penyelidikan, hal itu dilakukan untuk mengumpulkan berbagai sumber. Nantinya, hal itu akan dituangkan dalam laporan penyelidikan.

"Sedang dalam tahap penyelidikan yang akan dituangkan dalam laporan penyelidikan, setelahnya akan ada gelar perkara untuk menentukan adanya pidana atau tidak," kata Adi Deriyan Jaya Marta di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (13/9).

Adi menjelaskan, apabila dalam gelar perkara dari hasil penyelidikan ada temuan, nantinya pihak kepolisian akan menindaklanjuti kasus tersebut ke tahap penyidikan.

Pada tahap penyidikan, nantinya akan memeriksa beberapa saksi untuk mencari sebab kematian Debora sebenarnya. "Pastinya tahapan penyidikan ini akan kita lakukan dengan memeriksa beberapa saksi," ucapnya.

Lebih lanjut, Adi juga menyebut pasal yang disangkakan adalah Pasal 190 Undang-Undang Kesehatan, yang berisi apabila pimpinan fasilitas kesehatan atau tenaga kesehatan yang tidak memberikan pelayanan atau tindakan medis terhadap pasien sehingga menyebabkan kondisi kritis.

"Ketiadaan tindakan medis tersebut bayi Debora meninggal dunia. Ancamannya cukup tinggi yakni pidana 10 tahun," tandasnya.

(cr5/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP