Kamis, 23 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Teknologi

Instagram Hapus Foto Anak Tanpa Bola Mata, Warganet Bereaksi

| editor : 

FOTO INI DIHAPUS IG:  Charlie Beswick saat mencium Harry.

FOTO INI DIHAPUS IG: Charlie Beswick saat mencium Harry. (Charlie Beswick)

JawaPos.com – Keputusan Instagram untuk menghapus foto seorang anak laki-laki berusia 12 tahun tanpa mata membuat warganet bereaksi.

Dalam foto itu terlihat Harry Beswick yang lahir dengan sindrom Goldenhar tersenyum ketika dicium ibunya, Charlie Beswick. Sindrom Goldenhar membuat Harry terlahir tanpa mata, soket mata, lubang hidung, dan telinga di bagian kiri wajahnya.

Charlie sudah berkali-kali memposting foto Harry. Tetapi, postingan terakhir agak berbeda. Charlie memasang foto Harry tanpa mata palsunya sehingga terlihat matanya yang lubang pada Senin (11/9). Tetapi kemudian foto itu dihapus Instagram dengan alasan sudah melanggar pedoman.

KUAT: Penampilan Harry saat mengenakan mata palsunya.

KUAT: Penampilan Harry saat mengenakan mata palsunya. (Charlie Beswick)

Sudah jelas itu membuat Charlie terkejut. Dia merasa sudah mendapatkan diskriminasi atas kondisi anaknya yang juga lahir dengan autisme dan kesulitan belajar.

Warga Stoke-on-Trent, Inggris, yang juga menjalankan blog parenting dan mulai mendokumentasikan kehidupan anaknya di media sosial enam bulan yang lalu itu

Charlie mengatakan kalau ini adalah kali kedua foto Harry tanpa mata palsunya dihapus oleh Instagram. ”Saya menghargai bahwa dia terlihat berbeda dan mungkin ada orang yang tidak ingin melihatnya. Tapi menghapus foto itu bukan keputusan Instagram,” katanya.

”Bagi Instagram untuk memutuskan wajah Harry tidak sesuai dengan pedoman adalah menjijikan. Ini terasa seperti diskriminasi terhadap saya.” ”Ini wajah anak laki-laki saya dan saya sangat bangga menunjukkannya.”

Dalam akun Twitternya @ouralteredlife, Charlie menulis kalau seseorang sudah melaporkan foto dia dan anaknya ke pihak Instagram. Dan Instagram setuju untuk menilai foto Harry tidak sesuai dengan pedoman mereka. ”Mereka kemudian menghapuskannya. Saya mohon dukungan untuk me-retweet ini.”

Postingan Charlie di Twitter pun sampai saat ini sudah di retweet 46 ribu kali dan dan 24.000 orang menyukai.

Aktor Adil Ray juga mentweet dukungannya dengan mengatakan dia akan suka sekali kalau bisa berfoto dengan Harry.

Charlie mengatakan bahwa meskipun terkadang mendapat komentar mengerikan dari warganet, namun sebagian besar pengikutnya sangat positif.

Harry telah menjalani sejumlah operasi sejak dilahirkan dengan sindrom Goldenhar. Termasuk dua prosedur untuk merestrukturisasi tengkoraknya dan membangun soket mata.

Setelah postingan Charlie, foto yang hilang itu kemudian dimunculkan lagi oleh Instagram. Namun Charle mengatakan bahwa dia belum menerima permintaan maaf dari Instagram atau penjelasan mengapa gambar itu dihapus.

”Kami meminta tim penegakan kebijakan kami meninjau penghapusan tersebut dan memastikan bahwa penghapusan foto tersebut tidak benar. Kami telah memulihkan foto dan akan mengambil langkah untuk memastikan foto itu tidak akan dicopot lagi,” tulis Instagram dalam e-mail kepada Charlie. (*)

(tia/BBC/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP