Senin, 25 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Metropolitan

Ini Alasan Pemerintah Izinkan Reklamasi Pulau C, D dan G Dilanjutkan

| editor : 

Ilustrasi

Ilustrasi (Dok.JawaPos.com)

JawaPos.com - Pemerintah memastikan reklamasi pulau C, D dan G akan dilanjutkan. Khusus pulau G, hanya tinggal menunggu tahap finalisasi persyaratannya saja.

Deputi Koordinasi Infrastruktur Kementerian Koordinator Kemaritiman, Ridwan Djamaluddin membeberkan empat alasan yang jadi pertimbangan pemerintah mengizinkan dilanjutkan reklamasi.

Pertama, pemerintah mempertimbangkan aspek legalnya. Jakarta sebagai ibu kota tentu tidak ingin tenggelam bersama air laut. Dengan reklamasi, pemerintah mendapat dana segar untuk membangun Giant Sea Wall.

"Sebetulnya topiknya bukan reklamasi tapi NCICD. Bagaimana kita melindungi Jakarta dengan aset yang sudah diinvestasikan," ujarnya di Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Rabu (13/9).

Kedua, pemerintah mempertimbangkan faktor ekologis. Sebab, jika reklamasi tidak dilakukan, maka akan terjadi penurunan permukaan tanah yang menyebabkan serapan air bersih juga semakin sedikit.

"Ketiga, perlu meningkatkan produktivitas lahan yang ada. Selama ini lahan mulai berkurang karena pembangunan dimana-mana," terangnya.

Terakhir adalah aspek hukum. Ridwan menilai pengembang telah memenuhi persyaratan yang diminta pemerintah provinsi. Sehingga, tidak ada alasan pemerintah untuk tidak melanjutkannya.

"Terakhir baru aspek hukumnya. Dulu sudah diputuskan, sekarang jadi isu dan apa yang jadi penyeababnya kita selesaikan," tutupnya. (cr4/Hana)

(cr4/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP