Rabu, 20 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Politik

Sah, DPR Loloskan 5 Calon Hakim Agung Terpilih

| editor : 

Gedung Mahkamah Agung.

Gedung Mahkamah Agung. (JawaPos.com)

JawaPos.com - Komisi III DPR meloloskan lima calon hakim agung terpilih untuk menempati posisi hakim di Mahakamah Agung (MA).

Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo mengatakan, lima nama calon hakim agung itu nantinya akan mengisi kamar-kamar di MA, seperti di pidana, perdata, agama, militer dan tata usaha negara.

"Lima hakim Komisi III DPR ambil keputusan secara aklamasi dengan dengan pertimbangan salah satunya kamar-kamar hakim itu minim sekali," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet di ruang Komisi III DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (13/9).

Politikus Partai Golkar ini menambahkan, lima calon yang diajukan oleh Komisi Yudisial (KY) juga dinilai memenuhi syarat. Sehingga semuanya diloloskan secara aklamasi. "Dilihat juga calon-calonnya cukup mumpuni," katanya.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan diloloskannya lima hakim agung ini selanjutkan dibawa ke rapat paripurna untuk dibacakan. Setelah itu lima nama hakim terpilih itu diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk diambil sumpah.

Dia berharap, lima hakim terpilih ini nanti bisa menjaga nama baik MA. Jangan lagi dirusak karena adanya korupsi. "Pesan Komisi III jangan lagi nodai MA dengan korupsi," ungkapnya.

Sementara saat dikonfirmasi, calon hakim agung terpilih Gazalba Saleh berkomitmen, dirinya bersama dengan empat hakim yang baru terpilih bisa membenahi lembaga peradilan di Indonesia dari korupsi.

"Berharap bisa melakukan terobosan-terobosan. Seperti melakukan terobosan dalam memutuskan sebaiknya, tanpa embel apapun di belakang," katanya.

Oleh sebab itu, Gazalba bersama dengan empat hakim terpilih lainnya berkomitmen untuk tidak melakukan tindakan ‎yang membuat malu institusi MA. Misalnya kasus korupsi. "Jadi komitmen enggak korupsi, dan memutus seadil-adilnya," ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua KY Aidul Fitriciada Azhari Komisi Yudisial mengaku telah menyerahkan lima nama calon hakim agung kepada pimpinan DPR untuk disetujui melalui uji kepatutan dan kelayakan. Sementara, dari enam nama yang diminta DPR, KY hanya menyerahkan lima nama‎. Hal itu setelah sebelumnya dilakukan penyeleksian.

Adapun lima nama calon hakim agung terpilih tersebut adalah.

1. Hidayat Manao untuk mengisi kamar peladilan militer

2. Yodi Martono Wahyunadi, untuk mengisi kamar peradilan tata usaha negara

3. Gazalba Saleh, mengisi kamar pidana

4. Yasardin, mengisi kamar dagang agama, dan

5. Muhammad Yunus Wahab, mengisi kamar perdata

(cr2/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP