Kamis, 23 Nov 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Pendidikan

2018, Universitas Sam Ratulangi Lanjutkan Pembangunan RS Pendidikan

| editor : 

Ilustrasi

Ilustrasi (Pixabay.com)

JawaPos.com - Pelayanan kesehatan di wilayah Indonensia timur masih jauh lebih baik dibandingkan daerah bagian barat, seperti Jakarta, Provinsi di Jawa dan Sumatera. Menyadari itu, pemerintah akan membangun RS Pendidikan Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Rumah sakit ini diklaim terbesar untuk wilayah timur Indonesia.

Pembangunan RS Sam Ratulangi yang telah direncanakan sejak 2009 itu akan dilakukan dengan skema pembiayaan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Proyek ini akan menjadi percontohan pembangunan infrastruktur PTN (perguruan tinggi negeri, red) dengan skema KPBU," kata Rektor Universitas Sam Ratulangi Ellen Joan Kumaat kepada wartawan, Rabu (13/9).

Dikatakan Ellen, saat ini skema pembiayaan tengah dibahas di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Ristek Dikti (Kemeristekdikti).

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Penganggaran dan Kerjasama Unsrat Sangkertadi DEA menambahkan, proses pembangunan RSP Sam Ratulangi ini pernah berlangsung dan sempat terhenti.

Kini akan dilanjutkan lagi setelah mendapat restu dari Presiden Jokowi saat pihaknya bertemu di Istana negara pada Februari lalu. Pembangunan ini akan dimulai pada 2018. “Presiden Jokowi melaunching 5 proyek KPBU tahun 2017 pada 17 Februari 2017 di Istana Negara. Salah satunya, proyek RS Pendidikan Unsrat,” terang Sangkertadi.

Menurut Sangkertadi, Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dikatakan sangat beruntung, sebab dari sekian banyak Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia, Unsrat menjadi salah satu yang mendapatkan kesempataan pelaksanaan kegiatan proyek percontohan yang dirancang sebagai pengujian untuk menunjukkan keefektifan suatu pelaksanaan program. “Unsrat pilot project,” sembur Sankertadi.

Dengan skema KPBU itu pihak Unsrat tidak lagi harus memikirkan anggaran pembangunan. Karena sudah ada pihak yang menyediakan anggarannya. Nah, nantinya setelah pembangunan RSP ini tuntas, Unisrat hanya akan mengoperasikannya saja. "Unsrat bisa dibilang tidak lagi kebinggungan mencari anggaran pembangunan. Sebab, Unsrat siap mengoperasikan alias Unsrat siap jadi," tukasnya.

(iil/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP