Rabu, 18 Oct 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Otomotif

Taksi tanpa Sopir Bebas Stres

| editor : 

ORDER ONLINE: Karyawan Continental memperlihatkan aplikasi di smartphone untuk pesan CUbE yang sedang dalam proses pengembangan.

ORDER ONLINE: Karyawan Continental memperlihatkan aplikasi di smartphone untuk pesan CUbE yang sedang dalam proses pengembangan. (EPA-EFE/ARMANDO BABANI)

JawaPos.com- Tren transportasi umum kini tidak hanya ramah lingkungan, tapi juga driverless alias tanpa sopir. Salah satunya adalah Continental Urban Mobility Experience (CUbE) atau biasa disebut robo-taxi. Kendaraan listrik itu diujicobakan di jalanan Frankfurt di sela-sela pameran otomotif Internationale Automobil-Ausstellung (IAA) di Jerman.

CEO Continental Elmar Degenhart menyatakan, dengan memamerkan CUbE, Continental menawarkan tiga hal. ”Kemudi otomatis, tenaga listrik, dan bisa membawa penumpang sampai tujuan,” katanya. Menurut dia, itu sesuai dengan fokus pameran IAA tahun ini, yaitu kendaraan yang bersih, aman, dan tidak bikin repot atau bisa dibilang stress-free.

CUbE yang dirancang perusahaan asal Jerman itu sebagai kendaraan umum sengaja diujicobakan di jalanan Frankfurt lantaran kota tersebut memiliki sistem lalu lintas yang tertata. Mulai rambu-rambu sampai kondisi jalannya. ”Kami menyediakan area New Mobility World di luar gedung pameran. Pengunjung bisa merasakan sensasi naik mobil ramah lingkungan seperti CUbE,” tambahnya.

Seperti halnya kendaraan masa kini, CUbE pun bisa parkir sendiri. Hanya dengan menyentuh satu tombol, robo-taxi itu bisa langsung parkir. Untuk menciptakan kendaraan serbaotomatis tersebut, Continental menjalin kerja sama dengan banyak pihak. Mulai Baidu (Tiongkok), BMW Group, Intel, hingga MobileEye. Kendaraan yang dilengkapi kamera beresolusi tinggi, radar, serta beragam sensor canggih itu rencananya siap dirilis pada 2025.

”Pada masa mendatang, kebutuhan manusia terhadap kendaraan pribadi akan membuat seluruh kota dan permukiman penuh mobil. Dengan kehadiran CUbE, jumlah lahan yang digunakan sebagai lokasi parkir bakal jauh berkurang,” ungkapnya.

Bukan hanya CUbE, Continental juga memamerkan jenis kendaraan listrik lainnya dalam perhelatan IAA atau dikenal sebagai Frankfurt Motor Show yang berlangsung pada 14–24 September tersebut. Salah satunya adalah BEE alias Balanced Economy and Ecology.

Tidak sama seperti CUbE yang besar dan bisa menjadi transportasi umum, BEE tampil lebih imut. Dalam satu hari, BEE bisa digunakan untuk bepergian sampai maksimal 350 kilometer. Kecepatan rata-rata mobil itu adalah 60 kilometer per jam.

(rubbernews/hep/c9/oki)

Sponsored Content

loading...
 TOP