Senin, 23 Oct 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Basket

SEA Games 2017

Filipina Kembali Gagalkan TImnas Basket Indonesia Raih Emas

| editor : 

Filipina berhasil mengalahkan Indonesia di final basket Putra

Filipina berhasil mengalahkan Indonesia di final basket Putra (AFP)

JawaPos.com - Asa Timnas Basket Putra Indonesia untuk meraih emas di SEA Games 2017 Malaysia kembali pupus. Pada laga final menghadapi tim basket terkuat ASEAN, Filipina, Indonesia kalah 55-94, Sabtu (26/8). Indonesia pun hanya meraih medali perak.

Filipina selalu menjadi masalah Indonesia. Dikenal sebagai salah satu negara basket terkuat di Asia, mereka sama sekali tak memberikan Indonesia napas. Terlihat dari skor akhir yang mencapai nyaris selisih 40 poin.

Indonesia sebenarnya sempat memberikan perlawanan yang sangat baik di kuarter pertama. Pertahanan Garuda sangat disiplin dan sempat membuat Filipina frustrasi.

Akhir kuarter ini berakhir 19-15 untuk Filipina. Jarak yang tak jauh mengangkat ekspektasi para suporter. Sayang, Filipina menekan gas pada kuarter kedua hingga akhir.

Dukungan luar biasa suporter mereka pun menjadi tekanan bagi Indonesia, sehingga permainan menjadi berantakan dan persentase tembakan tiga angka Indonesia sangat buruk yakni 4/27. Sementara tembakan jarak jauh Filipina lebih baik 9/27.

Fokus dan konsentrasi Indonesia benar-benar teracak dan tak bisa lagi mengejar karena Filipina terus memperlihatkan ketajaman. Apalagi salah satu pemain yang paling diidolakan, Kobe Lorenzo Paras, benar-benar tampil memikat dengan dunk-dunk yang semakin menurunkan mental Indonesia

Kobe memang berhasil meraih 14 poin, tapi pencipta poin tertinggi mereka adalah Michael Tolomia dengan 20 poin. Sementara poin tertinggi Indonesia dibuat oleh Sandy Kusuma dan Diftha Pratama dengan 10 poin.

Semua pencipta poin utama Indonesia seperti Enguio Lopez, Arki Wisnu, dan Mario Wuysang benar-benar terisolasi dan tak bisa tampil maksimal. Ini bisa menjadi masalah tim.

Akhirnya semua statistik Indonesia buruk, mereka hanya membuat 9 assists berbanding Filipina yang mencapai 24. Tak ayal, Indonesia pun takluk.

(rap/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP