Senin, 25 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
JPG Today

Tertangkap Sabung Ayam, Oknum Anggota Dewan Tidak Ditahan

| editor : 

Ilustrasi

Ilustrasi (riaupos.co/JawaPos.com)

JawaPos.com - Jajaran Polres Balikpapan masih mendalami keterlibatan seorang anggota DPRD Balikpapan berinisial AW. Dia ikut ditangkap bersama 17 orang lain saat penggerebekan arena sabung ayam di kawasan Gunung Malang, Balikpapan Tengah, Sabtu (19/8) sore lalu.

Kapolres Balikpapan, AKBP Jeffri Dian Juniarta mengatakan, pihaknya belum menahan satu orang pun dalam operasi yang dilaksanakan jajarannya di unit Jatanras itu.

"Ini laporan masyarakat. Jadi semua masih saksi. Unsur perjudiannya juga masih diselidiki," terang Jeffri yang dihubungi Kaltim Post (Jawa Pos Group), kemarin (20/8).

Dia membenarkan ada uang yang ikut disita dalam penggerebekan tersebut. Namun, nominalnya tidak bisa disebutkannya. Karena masih dilakukan penyelidikan. Apakah uang tersebut merupakan bagian dari perjudian atau tidak.

"Ada (uang). Namun, masih dilakukan penyelidikan. Apakah hasil BB (barang bukti) judi atau bukan. Masih didalami," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Balikpapan, Usman Daming menyayangkan adanya dugaan keterlibatan oknum dewan yang didapati saat penggerebekan sabung ayam. Dia yang mengetahui perkara ini dari media menyebut, jika terbukti, maka akan ikut mencoreng lembaga terhormat itu.

"Tetapi saya tidak ingin berandai-andai soal sanksi yang akan dikenakan kepada oknum tersebut. Kami masih menunggu hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh kepolisian," ujar Usman.

BK tidak akan melakukan tindakan apapun selama oknum tersebut belum ditetapkan tersangka. Atau jika belum ada rekomendasi dari partai tempat bernaung oknum dewan tersebut. "Tentu harus ada pemberitahuan dari partai anggota dewan tersebut. Baru kami akan membahas persoalan ini," lanjutnya.

Usman menegaskan, tidak ingin persoalan ini merembet pada citra DPRD. Karena itu pihaknya berhati-hati dan tidak ingin terburu-buru menangani kasus ini. Apalagi kepolisian belum menetapkan status tersangka pada AW. "Tetap kami akan proses. Kami akan konsultasi dengan partainya menindaklanjuti apabila statusnya tersangka," tegasnya.

Diketahui, Jatanras Polres Balikpapan melakukan penggerebekan perjudian sabung ayam. Sejumlah orang diamankan karena diduga sedang berjudi, termasuk seorang oknum anggota DPRD.

"AW pas kebetulan ada di situ. Apakah ikut bermain atau tidak kami belum tahu. Masih dalam pemeriksaan," terang Plt Kasat Reskrim Polres Balikpapan, Iptu Nyoman Darmayasa, malam usai penggerebekan. Dalam penggerebekan itu, petugas juga mengangkut dua ekor ayam yang digunakan untuk sabung ayam.

(fab/jpg/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP