Minggu, 24 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
All Sports

SEA Games 2017

Jawara Olimpiade 2016 Minta Maaf Telah Melecehkan Perenang Malaysia

| editor : 

Joseph Schooling dianggap telah merendahkan atlet Malaysia dalam sebuah pernyataannya.

Joseph Schooling dianggap telah merendahkan atlet Malaysia dalam sebuah pernyataannya. (themalaymailonline.com)

JawaPos.com - Jawara Olimpiade Rio 2016 asa Singapura, Joseph Schooling, meminta maaf atas pernyataannya yang dianggap telah melecehkan perenang Malaysia. Dalam sebuah momen, Schooling sempat mengatakan dia akan mengajarkan atlet Malaysia cara berenang pada ajang SEA Games 2017.

Schooling, perenang berusia 22 tahun, yang memenangi medali emas Olimpiade Rio 2016 untuk nomor 100 meter gaya kupu-kupu, mengatakan kepada media lokal bahwa "menyenangkan pergi ke Malaysia dan mengajari mereka satu atau dua hal".

Ucapan itu dianggap merendahkan atlet Malaysia. Tak mau memperkeruh situasi, Schooling langsung melantunkan permintaan maaf atas pernyataannya itu.

"Jika saya menyinggung siapapun, saya mohon maaf ... itu bukan niat saya," kata Schooling saat dia tiba di ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur, pada Sabtu (19/8).

"Saya sangat menyesal atas komentar saya dan saya jelas tidak bermaksud seperti itu," lanjut pemuda yang sukses mengalahkan raja kolam renang dunia asal Amerika Serikat, Michael Phelps, itu.

Schooling meraih sembilan medali emas pada SEA Games 2015 di Singapura. Namun, kali ini dia akan berlomba dalam event yang lebih sedikit.

"Saya akan melakukan yang terbaik untuk mereka semua. Saya hanya akan melakukan yang terbaik dan membiarkan hasilnya berbicara. Kami memiliki dua hari untuk mempersiapkan diri sehingga mudah-mudahan kami bisa tampil bagus di perlombaan," cap dia menambahkan.

Sebagai peraih emas level olimpiade, Schooling membantah dirinya sudah tinggi hati dan menganggap enteng ajang SEA Games. Dia berjanji akan berlomba dengan serius demi meraih hasil terbaik.

"Ini jelas tidak seperti latihan untuk saya. Setiap perlombaan, ayah saya suka mengatakan untuk melaju dengan cepat. Ada banyak perenang hebat di kawasan Asia Tenggara, jadi saya harus menjadi yang terbaik semampu saya untuk membuat negara bangga," tandasnya.

(ira/Reuters/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP