Rabu, 20 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Wow

Disimpan di Museum Polri, Sepeda Hadiah Presiden Jadi Bagian Sejarah

| editor : 

Presiden Joko Widodo memberikan sepeda kepada lima orang yang hadir dalam upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati kemerdekaan ke-72 RI di Istana Presiden, Kamis (17/8).

Presiden Joko Widodo memberikan sepeda kepada lima orang yang hadir dalam upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati kemerdekaan ke-72 RI di Istana Presiden, Kamis (17/8). (Raka Denny/Jawa Pos)

JawaPos.com - Mendapat sepeda dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) atas penggunaan pakaian adat pada peringatan detik-detik proklamasi, Ketua Umum Bhayangkari Tri Suswati Tito Karnavian memutuskan menyimpan hadiah tersebut di Museum Polri.

Pada saat 17 Agusutus 2017 kemarin, Tri Suswati Tito Karnavian yang juga istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian itu memakai baju adat dari Papua.

Keputusan istri Kapolri ini menuai apresiasi dari Pengamat Keamanan Negara, Dewinta Pringgodani. Menurutnya, dengan disimpannya sepeda itu di museum Polri yang berada di Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan itu, maka anak cucu dan generasi muda Polri akan memahami betapa uniknya Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-72.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama istri usai mendapat sepeda dari Presiden Jokowi.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama istri usai mendapat sepeda dari Presiden Jokowi. (Istimewa)

Sebab HUT RI di 2017 berbeda sekali dengan tahun-tahun sebelumnya, karena peserta yang hadir menggunakan adat daerah yang menjadi sembol kekayaan nusantara.

"Nantinya setiap pengunjung yang datang ke Museum Polri bisa mengenang bahwa istri Kapolri Jenderal Tito Karnavian pernah mendapat hadiah sepeda dari Jokowi," kata Dewinta Pringgodani di Jakarta, Jumat (18/7).

Diketahui, Museum Polri diresmikan oleh Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono pada 1 Juli 2009 silam, tepatnya hari ulang tahun Polri.

Museum Polri dibangun atas inisiatif yang dicetuskan Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri dengan tujuan melestarikan nilai-nilai kesejarahan kepada pewarisannya di generasi mendatang.

Di Museum Polri ini juga ada banyak informasi yang disajikan mulai dari ruang koleksi dan peristiwa, ruang kesatuan, ruang sejarah, ruang kepahlawanan dan ruang perpustakaan.

Polri terbentuk dari perjalanan sejarah yang panjang dari masa penjajahan kolonial dan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Diketahui, selain Tri Tito Karnavian yang memakai pakaian adat Papua, empat tamu undangan lainnya juga memperoleh sepeda dari Jokowi. Mereka adalah Menkumham Yasonna Laoly yang mengenakan kostum adat Nias, Ketua DPD Oesman Sapta Odang mengenakan kostum adat Minang, Asisten Ajudan Presiden Syarief kostum adat Dayak dan Aganti yang kenakan kostum adat Dayak.

(iil/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP