Jumat, 22 Sep 2017
JawaPos.com Icon
Internasional

Sebanyak 2.000 Orang Terjebak Kebakaran Hutan

| editor : 

MENANTI: Warga melihat PMK memadamkan api di hutan agar tidak merambat ke pemukiman dekat Macao, Portugal tengah.

MENANTI: Warga melihat PMK memadamkan api di hutan agar tidak merambat ke pemukiman dekat Macao, Portugal tengah. (Armando Franca/AP)

JawaPos.com – Kebakaran yang terjadi di hutan yang mengelilingi Macao, Portugal, membuat warga kota terjebak. Api dan asap itu membuat mereka tidak bisa keluar atau masuk.

Akses menuju kota berpopulasi dua ribu orang itu pun tertutup seiring usaha PMK untuk mengejar waktu demi memadamkan dua titik api paling besar di kawasan tersebut.  ”Sangat tidak mungkin meninggalkan atau memasuki Macao karena asap dan api itu,” ujar Vasco Estrela, Wali Kota Macao kepada kantor berita Lusa.

Api mulai membara pada Selasa (15/8) malam. Dan pada Kamis (17/8) pagi api itu sudah mengelilingi kota. ”Membara tanpa jeda,” katanya. Disambung Estrela, pada Juli, api besar sudah membakar 80-90 persen bagian Macao.

PMK juga berusaha menyelamatkan warga. Saat in baru 130 warga dari desa terdekat yang berhasil di evakuasi.  ”Tapi kami tidak bisa bergerak lincah karena keselamatan tim juga tidak kalah penting,” ujar juru bicara badan perlindungan sipil Portugal Patrícia Gaspar.

PMK juga mencemaskan mengenai prakiraan cuaca yang menyebutkan kalau udara akan bertambah panas. Artinya, kemungkinan api akan makin besar bertambah. Kebakaran hutan tahun ini adalah insiden paling mematikan yang dihadapi Portugal. Pada kebakaran kali ini, korban luka ada 86 orang terluka, dan tujuh diantaranya mengalami luka serius.

Sementara, pada pertengahan Juni lalu, kebakaran hutan di dekat Pedrógão Grande di Portugas pusat membunuh 64 orang dan melukai 250 lainnya. Dalam salah satu insiden, api bergerak sangat cepat sehingga warga yang berada di dalam mobil pun terjebak dan terbakar hidup-hidup. Padahal mereka hendak menyelamatkan diri. (*)

(tia/The guardian/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP