Rabu, 27 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Ekonomi

Jokowi Pamerkan Kesuksesan Pembangunan Infrastruktur, Ini Daftarnya

| editor : 

Ilustrasi pembangunan infrastruktur tol Cijago

Ilustrasi pembangunan infrastruktur tol Cijago (MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)

JawaPos.com – Laporan nota keuangan RAPBN 2018 yang dibacakan Presiden Joko Widodo seakan menjadi ajang pamer kesuksesan. Dia memaparkan keberhasilan pemerintahannya, terutama dalam pembangunan infrastruktur. Mulai dari jalan, bandara, hingga jalur kereta api berhasil dibangun oleh kabinetnya.

Presiden Jokowi mengatakan, berbagai target di bidang infrastruktur banyak yang sudah dicapai pada periode 2015-2016. Dia lantas membeberkan beberapa mega proyek yang berhasil diselesaika itu.

’’Pembangunan jalan dan peningkatan kapasitas jalan nasional lebih kurang sepanjang 7 ribu kilometer, penyelesaian pembangunan 4 bandara baru, serta pembangunan jalur kereta baru sepanjang 1996 kilometer. Diharapkan bisa membuka akses ekonomi yang lebih luas," ujarnya di komplek parlemen, Jakarta, Rabu (16/8).

Ilustrasi pembangunan infrastruktur tol Cijago

Ilustrasi pembangunan infrastruktur tol Cijago (MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)

Selain itu, pemerintah saat ini juga tengah fokus dalam penyediaan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Semuanya akan terkoneksi dengan kemudahan akses.Diharapkan, dengan banyak pembangunan proyek-proyek infrastruktur, kesempatan kerja akan terbuka lebar dan perlahan bisa mengurangi kemiskinan.

"Di bidang Belanja Pemerintah Pusat, perbaikan dilakukan melalui peningkatan kualitas belanja dan anggarannya. Peningkatan belanja diarahkan untuk pendanaan program-program prioritas,’’ tegas presiden.

Program prioritas itu utamanya pembangunan infrastruktur dalam rangka meningkatkan konektivitas antar wilayah dan mendukung pertumbuhan ekonomi. Muaranya jelas, untuk menyerap tenaga kerja serta mengurangi kemiskinan dan ketimpangan.

(cr4/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP