Rabu, 20 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Features

Saat Mensos RI Berkunjung ke Rumah Fatmawati

Jahit Merah Putih, Pesan Jaga Keutuhan NKRI

| editor : 

JawaPos.com - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa untuk kesekian kalinya mengunjungi Provinsi Bengkulu. Disela-sela kunjungan kerjanya di Bengkulu, ia menyempatkan untuk berkunjung ke Rumah Ibu Negara RI yang pertama, Fatmawati Soekarno yang terletak di kawasan Penurunan, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu. Ia melihat peninggalan Fatmawati dan menjahit langsung bendera RI merah putih.

ANUGERAH WAHYU, Kota Bengkulu

WARGA Kota Bengkulu patut bangga memiliki seorang sosok pahlawan Fatmawati Soekarno yang merupakan ibu negara RI, sekaligus penjahit pertama bendera pusaka merah putih. Bahkan nama Fatmawati yang telah dikenal luas ini menjadi magnet oleh para pejabat untuk mengunjungi langsung kediamannya yang telah dijadikan museum tersebut di kawasan Penurunan, Kota Bengkulu.

Seperti kunjungan Mensos, Khofifah Indar Parawansa dengan didampingi oleh Wakil Walikota Bengkulu, Ir. Patriana Sosialinda, kemarin (12/8). Ia melihat langsung sejumlah peninggalan Fatmawati. Bahkan Mensos RI sempat meneteskan air mata ketika berada di kamar pribadi Fatmawati dan memegang mesin jahit yang digunakan untuk menjahit bendera merah putih pertama kali itu.

Dengan perasaan haru, Mensos kemudian mengajak semua anak bangsa meneladani semangat Fatmawati dalam berjuang dan mencintai Indonesia. Ia berharap bendera pusaka tak hanya sekedar simbol, namun menjadi perekat bagi kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jaga semangat ibu Fatmawati, Bendera merah putih bukan hanya simbol tetapi kedaulatan negara. Masyarakat Bengkulu sudah pasti menjaga keutuhan NKRI,” pesan Mensos di hadapan pejabat yang mendampingi kunjungan seperti dikutip Rakyat Bengkulu (Jawa Pos Group), Senin (14/8).

Menariknya dalam kunjungannya ini, Mensos juga sempat mengabadikan foto bersama di kediaman Fatmawati bersama para pejabat lainnya termasuk juga berfoto dengan Wakil Walikota, Patriana Sosialinda sekaligus mencoba menjahit bendera merah putih. “Bangunan yang ada di sini (Rumah Fatmawati, red) harus tetap dijaga dan dilestarikan,” ucap Mensos.

Sementara dalam kesempatan itu Wakil Walikota, Patriana Sosialinda mengucapkan rasa terima kasih kepada Mensos RI yang telah menyempatkan diri untuk berkunjung ke Rumah Fatmawati Soekarno.

“Ini suatu kebanggaan kita karena dengan waktu ibu Mensos yang cukup padat, beliau masih bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke Rumah ibu Fatmawati. Banyak pesan yang kita ambil dari beliau,” kata Linda--sapaan akrabnya.

Selain itu, jelang HUT kemerdekaan RI Linda berpesan, seluruh elemen masyarakat untuk tetap bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

“Jangan sampai adanya perbedaan kita digunakan sebagai alat untuk memecah belah dan membuat kehancuran bagi bangsa kita sendiri. Jadi hargailah perbedaan tersebut agar kota kita memiliki banyak pemikiran kreatif sehingga kita dapat menjadi bangsa yang lebih maju dan mampu secara utuh melindungi NKRI,” terangnya.

(nas/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP