Selasa, 17 Oct 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Nasional

Mahasiswa Dukung Dakwah HTI, Tapi Menolak Ideologinya

| editor : 

Ilustrasi

Ilustrasi (M Tegar Mujahid/Radar Lampung/JawaPos.com)

JawaPos.com - Upaya pembubaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) oleh pemerintah mendapat dukungan dari mahasiswa. Di antaranya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jakarta Timur dan Universitas Krisnadwipayana Bekasi.

Salah satu alasan HMI Jakarta Timur mendukung keputusan pemerintah tersebut, karena ideologi HTI dianggap bertentangan dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2/2017 tentang Ormas.

Pengurus HMI Cabang Jakarta Timur Bagus Hariyanto menuturkan, dari sejarah landasan dan tujuan HTI memang akan menjadi musuh dalam selimut bagi rakyat Indonesia karena HTI bercita-cita ingin mendirikan Negara Khilafah atau Darul Islam.

"Tentu ini tidak sesuai dengan ideologi Pancasila dan mengancam eksistensi NRKI sebagai negara yang berdaulat,” tegas Bagus Hariyanto kepada wartawan di Jakarta, Minggu (13/8).

Lebih jauh dikatakan Bagus, konstitusi secara jelas sudah menjamin kebebasan setiap warga untuk berserikat dalam bentuk organisasi masyarakat. Namun, jika bertentangan dengan dasar negara, maka sudah sewajarnya pemerintah berhak untuk membatasi perkembangan organisasi tersebut.

Dia menegaskan, Pancasila sudah final dan mengikat sebagai ideologi negara. Pancasila sudah menjadi konsensus bersama oleh berbagai golongan masyarakat yang membuat negara ini tetap menyatukan perbedaan dalam bingkai NKRI.

"Kami mendukung dakwah HTI karena itu salah satu kemuliaan Islam tapi kami harap jangan membuat perpecahan di masyarakat," ujar bagus.

Sementara itu Presiden Mahasiswa Universitas Krisnadwipayana Bekasi, Lambok mengatakan, dilihat dari faktanya pemerintah sudah fair dan tidak pernah melarang setiap orang untuk membentuk ormas.

"Makanya sudah benar pemerintah menggunakan Perppu Nomor 02/2017 yang digunakan pemerintah untuk membubarkan ormas yang dianggap tidak sesuai dengan tujuan bangsa," tandasnya.

(iil/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP