Rabu, 18 Oct 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Nasional

Bengkulu Digoyang Gempa 6,6 SR, Getarannya Hingga Padang

| editor : 

ilustrasi gempa bumi.

ilustrasi gempa bumi. (JawaPos.com)

JawaPos.com - Gempa bumi mengguncang provinsi Bengkulu Utara pagi ini. Pusat Gempa terjadi di laut Bengkulu dan tercatat memiliki magnitude sebesar 6,6 Skala Richter di kedalaman 10 Kilometer.

Dikutip dari situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG.go.id), Minggu, 13 Agustus 2017, gempa tersebut terjadi sekitar pukul 10.08 WIB dengan kordinat lokasi 3.75 Lintang Selatan – 101,56 Bujur Timur.

BMKG menyatakan, meski terjadi di laut, tidak ada risiko gempa tersebut menyebabkan Tsunami. Masyarakat diharap tenang dan menjalankan aktivitasnya secara normal.

Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu, Sudiyanto mengatakan gempa berlokasi di laut, 71 kilometer arah barat daya Bengkulu Utara. “Kalau dari skala berpotensi tsunami, tapi kami masih menunggu arahan pusat,” kata Sudiyanto.

Gempa juga dirasakan masyarakat di Kota Padang, hingga Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh. Getarannya terasa kurang lebih selama 1 menit. Warga pun terkejut, bahkan ada yang keluar rumah beberapa saat. “Goyangannya cukup kuat,” kata Mebby, salah seorang warga Kerinci saat dikonfirmasi.

Sejumlah warga di Bengkulu Utara, Kota Bengkulu, Kepahiang dan lainnya juga berhamburan keluar rumah. Bahkan begitu pula sejumlah warga yang berada di luar. Belum ada laporan kerusakan bangunan usai peristiwa gempa bumi ini.

(dms/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP