Senin, 23 Oct 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Bisnis

RI Bidik Peluang Besar Industri Kosmetik dan Kecantikan

| editor : 

Pembukaaan Pameran Beauty Professional Indonesia 2017

Pembukaaan Pameran Beauty Professional Indonesia 2017 (Rieska/JawaPos.com)

JawaPos.com - Pasar industri kecantian Indonesia merupakan pasar ketiga terbesar di Asia. Peluang besar menanti para pelaku industri kecantikan untuk berjaya di dunia internasional. Populasi penduduk Indonesia yang merupakan terbesar keempat di dunia, dianggap sebagai peluang besar di dunia kecantikan.

Data Kementerian Perindustrian, nilai ekspor produk kosmetik Indonesia di tahun 2015 mencapai USD 818 juta atau setara dengan Rp 11 triliun. Sementara nilai impor pada tahun yang sama mencapai USD 441 juta. Artinya surplus 85 persen.

Industri kosmetik juga merupakan salah satu sektor industri dengan pertumbuhan tercepat. Pertumbuhannya mencapai dua digit. Industri ini juga mempekerjakan 75 ribu tenaga kerja langsung dan 600 ribu tenaga kerja tak langsung.

Suasana pembukaaan Pameran Beauty Professional Indonesia 2017

Suasana pembukaaan Pameran Beauty Professional Indonesia 2017 (Rieska/JawaPos.com)

Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian Gati Wibawa Ningsih menjelaskan barang bahan baku produk kecantikan banyak yang bukan berasal dari bahan tradisional. Sehingga para pelaku harus impor. Pemerintah memberikan fasilitas berupa kemudahan alat produksi bagi pelaku industri kecil dan memengah.

"Kami fasilitasi para industri kecil menengah dengan memasarkan melalui produk online. Lalu juga memberikan diskon 25 persen untuk membeli alat mesin impor dan 30 persen diskon untuk mesin lokal," jelasnya.

Selain itu, pemerintah terus memberikan kemudahan bagi para pelaku industri kecil dan menengah di bidang kecantikan dalam memperoleh perizinan. Sebab selama ini para pelaku industri masih kesulitan memperoleh hak izin edar.

"Izin edar masih menjadi masalah. Kami berusaha untuk dipermudah. Syarat-syaratnya bukan berbelit-belit sih tapi terlalu banyak. Ini yang kami coba bantu," katanya.

Geliat kemajuan industri kecantikan terbukti banyaknya pelaku dunia kecantikan dari mancanegara yang menyerbu pasar Indonesia dalam ajang pameran Beauty Professional Indonesia 2017 di Assembly Hall Jakarta Convention Center (JCC) pada 12-14 Agustus 2017. Lebih dari 300 merek dan produk kecantikan dari dalam dan luar negeri menjadi daya pikat bagi pecinta kecantikan baik pemilik salon, industri, maupun individu dan anak muda.

"Indonesia adalah pasar yang memikat bagi pelaku industri kecantikan karena tingkat pengeluarannya yang tinggi untuk perawatan dan produk-produk kecantikan. Sebab karakter orang Indonesia suka coba-coba produk," kata Project Director PT Indonesia Trade Exposition Parricia Medina, Sabtu (11/8).

Sasarannya tentu fokus kepada pelaku bisnis esterika, kecantikan, spa
dan rambut. Diikuti perusahaan industri kecantikan dari Indonesia, Korea, Jepang, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Thailand serta Turki.

"Jika sedang mencari produk atau teknologi yang tepat dan unik untuk memutihkan kulit, mempercantik, bentuk wajah dan mata, melangsingkan, merawat dan memperindah rambut, dan berbagai kebutuhan lainnya tentu wajib datang dari mulai tanggal 12-14 Agustus 2017," kata Patricia.

(ika/JPC)

Sponsored Content

loading...
 TOP