Sabtu, 23 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Hukum & Kriminal

ICW Desak Novanto Mundur dari Ketua DPR

| editor : 

Ketua DPR Setya Novanto

Ketua DPR Setya Novanto (Hendra Eka/Jawa Pos)

JawaPos.com - Penetapan tersangka Setya Novanto oleh KPK menyita perhatian publik. Indonesia Corruption Watch (ICW) langsung meminta supaya legislator daerah pemilihan Nusa Tenggara Timur itu segera lengser dari jabatannya sebagai ketua DPR.

Koordinator Divisi Korupsi Politik Donal Fariz mengatakan, hal itu diperlukan mengingat fokus Novanto akan tersita untuk menangani kasus hukum yang akan dijalankannya nanti.

"‌Untuk menghadapi proses hukum, SN harus mundur sebagai ketua DPR," ujarnya melalui keterangan yang diterima JawaPos.com, Senin (17/7).

Gedung KPK

Gedung KPK (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Mundurnya Novanto dari kursi pimpinan juga ditujukan agar tidak terjadi penyalahgunaan wewenang sebagai pimpinan lembaga negara untuk melawan proses hukum. "Sehingga tidak terjadi konflik kepentingan," tegas Donal.

‌Pada saat yang sama, menurut dia, Partai Golkar harus segera melakukan pembenahan internal untuk untuk mengganti pimpinannya yang bermasalah. Selain itu, partai beringin juga harus mendukung proses penegakan hukum yang dilakukan oleh KPK. "Agar citra partai tidak semakin terbenam," imbuhnya.

Di sisi lain, ICW mengapresiasi langkah KPK yang menetapkan Novanto menjadi tersangka korupsi dalam pengadaan e-KTP. "Langkah KPK ini patut diapresiasi untuk menunjukkan keseriusan KPK membongkar dalang persekongkolan pengadaan KTP elektronik yang merugikan keuangan negara 2,3 triliun," pungkas Donal. (dna/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP