Rabu, 20 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
JPG Today

Pelaku Jambret Kabur, di Jok Motornya Ada KTA TNI

| editor : 

Ilustrasi

Ilustrasi (Dok JawaPos.com)

JawaPos.com - Aksi penjambretan kembali terjadi dan menimpa seorang perempuan. Pelaku merampas HP seorang pelajar, Rita (14) yang sedang makan di warung di Kawasan Gunung Malang, Balikpapan Tengah. 

Kejadian berlangsung Minggu (16/7) dinihari sekira pukul 02.00 Wita. Ketika itu, Rita sedang makan bersama teman-temanya. "Saat itu pelaku datang. Berpura-pura membeli minuman. Tetapi tiba-tiba langsung merampas HP korban yang sedang dimainkannya. Korban teriak dan seorang pemuda berusaha membantu korban," terang Kapolsek Balikpapan Utara, Kompol Sopyan kemarin. 

Terjadi aksi kejar-kejaran antara pemuda yang diketahui bernama Deri dengan pelaku. Deri berhasil mengejar dan menghadang pelaku di depan markas polisi militer Angkatan Laut, Jalan A Yani. Duel tangan kosong berlangsung. Namun dalam perkelahian, Deri kalah. Takut ada warga yang ikut campur, pelaku berusaha kabur. Namun pelaku salah membawa motor. Justru motor Deri yang dibawa kabur. Sementara motor pelaku ditinggal. 

"Begitu dapat laporan, anggota kami langsung menuju ke lokasi. Di sana petugas mengamankan satu unit sepeda motor yang diduga motor pelaku. Sedangkan pelaku sudah menghilang dan saat ini sedang kami lakukan penyelidikan," ujar Sopyan. 

Sopyan menyebut, penyelidikan dilakukan dengan mengindentifikasi motor yang diduga milik pelaku. Pihaknya enggan membeber terkait adanya dugaan oknum TNI yang terlibat. Meskipun, dari jok motor pelaku terdapat Kartu Tanda Anggota TNI. Selain itu, terdapat Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu BPJS, NPWP, SIM Umum B1, dan bukti pengisian voucher listrik. 

"Kami tidak ingin berspekulasi. Semua masih dalam tahap penyelidikan. Tetapi memang tadi pagi ada anggota Pomal yang datang ke Polsek. Kami mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati lantaran ini kejadian kedua perampasan HP yang korbannya perempuan. Jadi lebih waspada jika bermain HP," pungkasnya. 

Dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Komandan Lanal Balikpapan, Kolonel Laut (P) Irwan Sondang P Siagian menjelaskan, Minggu (16/7) pukul 02.30 Wita, terjadi keributan di depan markas Pomal Balikpapan. Melihat keributan, anggota jaga saat itu langsung mendatangi kedua orang. Namun salah seorang yang kemudian diduga sebagai pelaku perampasan HP kabur. 

"Diketahui warga mulanya menabrakkan motornya ke motor pelaku. Kemudian terjadi keributan. Sempat keduanya rebutan sepeda. Ternyata pelaku membawa kabur sepeda motor milik warga tersebut. Sedangkan motor pelaku jenis matik KT 4638 LU ditinggal hingga diamankan Pomal jaga," terang Siagian, kemarin. 

Dari keterangan warga yang dirampas motornya, diketahui jika pelaku rupanya merupakan perampas HP milik seorang pelajar. Siagian menyebut masih melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian terkait kasus ini. 

"Pomal sudah koordinasi dengan Polsek Balikpapan Utara. Juga termasuk soal penemuan identitas yang ada di jok motor yang ditinggal pelaku," katanya. (*/rdh/rsh/k18/fab/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP