Rabu, 20 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Music & Movie

Manisnya Momen Belakang Layar The Last Jedi

Laporan Ariyanti K.R., Anaheim, California

| editor : 

PAMER BEHIND THE SCENE: Dari kiri, Gwendolin Christie, John Boyega, Daisy Ridley, Mark Hamill, Rian Johnson, Kelly Marie Tran, Laura Dern, dan Benicio Del Toro saat presentasi panel Lucasfilm di D23 Expo 2017 kemarin (16/7) WIB.

PAMER BEHIND THE SCENE: Dari kiri, Gwendolin Christie, John Boyega, Daisy Ridley, Mark Hamill, Rian Johnson, Kelly Marie Tran, Laura Dern, dan Benicio Del Toro saat presentasi panel Lucasfilm di D23 Expo 2017 kemarin (16/7) WIB. (IMAGE GROUP LA/ DISNEY)

JawaPos.com - Hari kedua pergelaran D23 Expo 2017 boleh dibilang sebagai puncak acara. Panel live-action yang diadakan di Hall D Anaheim Convention Center, California, Sabtu pagi waktu setempat atau kemarin WIB, menjadi buruan fans. Semua menanti Disney membuka rahasia-rahasia baru proyek film adaptasi komik, buku, atau animasi itu.

Salah satu yang paling ditunggu adalah sesi Star Wars. Rasanya ikut merinding melihat para penonton tampak di mana-mana dengan memakai kostum serupa penduduk galaxy far, far away itu. Chairman Disney Studios Alan Horn memuji keberhasilan saga luar angkasa itu dan menyebutnya mampu menundukkan box office dengan mudah. Dia juga mengingat mendiang Carrie Fisher sebagai sosok yang istimewa.

Setelah itu, dia menyerahkan acara kepada Rian Johnson, penulis dan sutradara Star Wars: The Last Jedi. Johnson muncul dengan diiringi lagu kebangsaan Star Wars. ”Halo semua, ini D23 pertama saya. Sangat luar biasa. Sekarang The Last Jedi sedang proses mixing, teman saya yang mengerjakannya,” kata Johnson.

Johnson tak datang sendirian. Dia ditemani para pemain film sekuel kedua dari trilogi ketiga Star Wars itu. Ada Daisy Ridley (Rey), John Boyega (Finn), dan Gwendoline Christie (Captain Phasma). Ada beberapa pendatang baru di film tersebut. Yakni Benicio Del Toro, Laura Dern, dan Kelly Marie Tran yang kemarin turut hadir. Tak bisa dilupakan pula kehadiran Mark Hamill (Luke Skywalker) yang sehari sebelumnya juga berada di panggung itu untuk menerima penghargaan Disney Legends.

Johnson kemudian mengingat salah satu momen lucu saat syuting. Yakni, ketika melihat Dern menggunakan senjata sambil mengucap pyew-pyew, persis bocah saat bermain senjata. ”Ya, saya lupa kalau sudah dibilangin tidak perlu mengucap itu,” ujar Dern, lalu tertawa.

Tidak hanya menghadirkan pemain, Johnson juga memberi penonton video. Bukan trailer terbaru film yang tayang pada 15 Desember mendatang itu. Namun, rekaman di belakang layar. Menunjukkan lokasi-lokasi indah, proses latihan, adegan di bawah air, hingga aneka alien dengan rupa-rupa menakjubkan, termasuk seekor serigala yang sepertinya terbuat dari kaca.

Video itu juga menampilkan keakraban para pemain. Salah satunya, Ridley menari kecil bersama Boyega. Pada waktu berbeda, Fisher terlihat menari bersama Hamill. Manis sekali. ”Saya ingin membuat film ini sedikit mengejutkan, namun tetap terasa nyata dan jujur,” jelas Johnson dalam video berdurasi tiga menit itu.

Usaha Johnson rupanya berhasil. Pujian pun datang dari Ridley. ”Rian sudah menulis skenario yang tak terduga, tapi benar. Beberapa bagian akan membuat orang berkata, Oh my God,” jelas Ridley. ”Dan meski semua tahu ini film kedua, percayalah rasanya seperti film yang berdiri sendiri,” tambahnya.

Video itu ditutup dengan ucapan Fisher yang berperan sebagai General Leia Organa. ”Ini tentang keluarga dan inilah yang membuat kuat,” kata Fisher tentang The Last Jedi.

Melihat proses belakang layar yang berjalan lancar dan sudah sesuai jadwal, bisa dipastikan The Last Jedi tayang sesuai keinginan, baik secara jadwal maupun kualitas. Apalagi pada hari pertama, CEO dan Chairman Disney, Bob Iger, menyebut The Last Jedi sebagai film Star Wars terbaik Hamill.

Nah, yang menjadi pertanyaan banyak penonton justru nasib spin-off Star Wars tentang Han Solo muda. Penggarapan film itu baru menuai masalah. Bulan lalu bos Lucasfilm Kathleen Kennedy memecat sutradara Phil Lord dan Cristopher Miller karena beda visi. Padahal, film yang dijadwalkan tayang Mei tahun depan tersebut sudah mulai proses produksi.

Dan lazimnya dalam D23, studio itu membawa film-film mereka yang akan tayang. Namun, tidak untuk Han Solo ini. Horn menyebut Kennedy sedang berada di London bersama sutradara baru Han Solo, Ron Howard. Mereka masih disibukkan dengan penyelesaian pengambilan gambar.

Begitu panel selesai, Lucasfilm juga merilis enam poster pemain Star Wars. Ditampilkanlah poster solo para pemain. Yakni Ridley, Hamill, Boyega, Fisher, serta Adam Driver (Kylo Ren), serta Oscar Issac (Poe Dameron), dalam balutan jubah serbamerah. Wajah mereka hanya ditampakkan separo.

Sorenya, Bob Chapek, chairman Disney Parks and Resorts, mengumumkan nama resmi wahana Star Wars yang sedang dibangun di Disneyland Resort di Anaheim, California; dan Disney’s Hollywood Studios, Florida. Taman bermain yang akan dibuka pada 2019 itu diberi nama…. Galaxy’s Edge! ”Nama ini menggambarkan segala yang bisa Anda semua rasakan di sana,” katanya.

Bangunan yang digambarkan sebagai planet baru yang terletak di area Outer Rim merupakan area terluas untuk taman hiburan cerita solo. Pengunjung bisa mengendarai Millennium Falcon dan merasakan bagaimana pertarungan antara First Order dan Resistance.

D23 Expo merupakan event dua tahunan tempat fans Disney berkumpul dan studio itu memanjakannya dengan memberi sneak-peek atau tayangan-tayangan eksklusif. (*)

Sponsored Content

loading...
 TOP