Rabu, 20 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
JPG Events

KUNJUNGAN

Sambung Kerja Sama, Bahas Event Akbar

| editor : 

SINERGI: Nurwahid menerima cenderamata berupa buku dari Laksamana Muda TNI Darwanto.

SINERGI: Nurwahid menerima cenderamata berupa buku dari Laksamana Muda TNI Darwanto. (Raisa Hapsari Pemasaran Jawa Pos/JawaPos.com)

JawaPos.com – Komando Armada Kawasan Timur (Koarmatim) sedang mempersiapkan tiga event besar pada semester kedua tahun ini. Event tersebut meliputi HUT TNI-AL dan Satuan Kapal Selam pada September serta pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) pada Oktober mendatang.

Tiga event tersebut disampaikan Panglima Armatim Laksamana Muda TNI Darwanto saat menerima kunjungan Jawa Pos di Markas Koarmatim pada Kamis (13/7). Darwanto mengaku butuh dukungan media untuk meramaikan kegiatan tersebut. ”Kami tidak ingin event yang sudah dikemas dengan baik itu tidak sampai ke masyarakat,” katanya.

Perwira dengan dua bintang di pundak tersebut ingin Jawa Pos bisa terlibat dalam pelaksanaan. Darwanto yakin media sangat paham dengan kegiatan yang memiliki nilai berita. Karena itu, masukan positif untuk tiga event tersebut sangat diperlukan. ”Target kami, event ini meriah dan informatif,” jelas dia.

GAYENG: Suasana kunjungan manajemen Jawa Pos pada Kamis (13/7) di ruang eksekutif gedung Nala Mako Armatim, Ujung, Surabaya.

GAYENG: Suasana kunjungan manajemen Jawa Pos pada Kamis (13/7) di ruang eksekutif gedung Nala Mako Armatim, Ujung, Surabaya. (Dispen Koarmatim for JawaPos.com)

Keinginan itu disambut positif oleh Pemimpin Redaksi Jawa Pos Nurwahid. Saat berkunjung ke Koarmatim, Nurwahid didampingi Koordinator Liputan Arief Santosa. Beberapa asisten redaktur dari Jawa Pos Koran, yakni Anggit Satriyo Nugroho dan Kardono Setyorakhmadi, serta Suryo Eko Prasetyo dari JawaPos.com  juga turut serta.

Nurwahid menyatakan, kerja sama Armatim dengan Jawa Pos sudah terjalin lama. Dukungan Armatim terhadap peran media juga cukup bagus. Kemudahan mengakses informasi dan keterbukaan terhadap masyarakat sangat terlihat. ”Kami mengapresiasi pimpinan dan jajaran di Koarmatim,” katanya.

Dia juga menjelaskan, kunjungan tersebut merupakan rutinitas yang dilakukan Jawa Pos saat Lebaran dan ulang tahun. Saat ini usia Jawa Pos sudah di angka 68 tahun. Nurwahid berharap kerja sama yang sudah terbangun itu terus berjalan dengan baik.

Terkait tiga event yang akan dilaksanakan di Surabaya, Nurwahid menyatakan siap memberikan dukungan. Informasi yang memiliki nilai berita akan disampaikan kepada masyarakat. ”Silakan manfaatkan peran kami di bidang pemberitaan,” ungkap dia.

Selain membahas masalah event, pada kunjungan tersebut, terjadi diskusi mengenai pengawasan dan penjagaan di kawasan perbatasan. Darwanto menceritakan pencurian ikan di laut yang luar biasa. Pasukannya sudah berkeliling dan siaga di kawasan tersebut. Banyak yang terungkap dan berhasil ditangkap. ”Tetapi, masih ada pelaku lain yang bermunculan,” kata dia.

Saat ini operasi di perbatasan terus diintensifkan. Apalagi modus yang digunakan pencuri ikan semakin canggih. Mereka tidak sekadar menjaring atau memancing. Kini banyak yang menggunakan alat penyedot. Alat tersebut mampu menangkap ikan hingga puluhan ton dalam beberapa menit. ”Kami mewaspadai kapal yang praktiknya seperti itu,” ungkap Darwanto.

Kardono Setyorakhmadi menanggapi penjelasan tersebut. Redaktur Metropolis Jawa Pos itu menghargai peran TNI-AL dalam memburu pencuri ikan. Sayangnya, peran tersebut jarang terungkap di media. Kardono mengusulkan kepada Koarmatim untuk melibatkan media dalam melakukan operasi di laut. ”Apa yang terjadi di lokasi bisa diceritakan dalam bentuk berita. Sehingga masyarakat tahu perjuangan TNI-AL di tengah laut,” ujarnya. (riq/c6/oni)

Sponsored Content

loading...
 TOP