Kamis, 14 Dec 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Hijrah Ramadan

Manisnya Choc Devil Meriahkan Suasana Idul Fitri

| editor : 

Choc Devil ala Hotel Mercure Jakarta Simatupang

Choc Devil ala Hotel Mercure Jakarta Simatupang (DERY RIDWANSAH/JAWA POS)

JawaPos.com – Lebaran menjadi ajang silaturahmi dan kumpul bersama keluarga. Saat keluarga saling berkunjung, biasanya selain ketupat, ada kue kering yang tersaji. Jika bosan dengan kue kering, tak ada salahnya mencoba resep kue cokelat lezat Choc Devil ala Chef Hotel Mercure Jakarta Simatupang, Chef Noldy Herling.

“Choc Devil bisa menjadi pilihan untuk menghadirkan hidangan manis di setiap rumah dalam suasana kumpul bersama keluarga. Anak-anak juga pasti suka,” kata Chef Noldy kepada JawaPos.com.

Bahan-bahan :

1.    600 gram butter

2.    1400 gram gula

3.    11 telur

4.    1100 gram tepung terigu

5.    30 gram baking soda

6.    400 gram cokelat bubuk

7.    1400 ml susu cair segar

8.    Rum secukupnya

9.    170 gram margarin

10.2 butir kuning telur

11.300 gr gula pasir

12.1 sendok teh emulsifier/SP

13.100 ml air es

14.Sirup secukupnya

15.20 gram cokelat batang

16.Loyang kue ukuran 35x50 cm

17.Oven

 

Cara membuat :

Tahap pertama, campurkan semua butter, margarin, lelehkan. Tahap kedua, di tempat terpisah campurkan telur beserta kuning telurnya, serta gula dengan emulsifier hingga mengembang menggunakan mixer.

Tahap ketiga, campurkan tepung, baking soda, cokelat bubuk di wadah lainnya. Tahap empat, kocok susu dengan rum.

Kemudian, campur tahap dua, tahap tiga, dan tahap empat menjadi satu wadah. Terakhir tambahkan campuran tahap satu. Aduk rata. Panaskan oven 180°c dan siapkan loyang. Jangan lupa dioles mentega dan alas kertas roti. Tuangkan seluruh adonan ke dalam loyang dan masukkan ke dalam oven, panggang hingga 40 menit.

Sambil menunggu, buatlah filling dari cokelat bubuk dan air hingga tercampur kaku. Jika ingin lebih lezat, tambahkan Nutella kemudian aduk rata. Sisihkan.

Kemudian buatlah ganache, sebagai olesan toping di atas adonan. Caranya dengan memasak cokelat batang dan susu cair dengan api sedang. Aduk hingga semua cokelat meleleh, sisihkan.

Setelah adonan kue matang kemudian belah menjadi dua bagian secara horizontal. Olesi bagian kue dengan sirup cokelat, olesi kembali dengan filling. Tumpuk kue tersebut lalu siram dengan cokelat ganache. Maka kue siap dihias dan disajikan. (cr1/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP