Jumat, 20 Oct 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
JPG Today

Arus Mudik 2017

2.229 Kendaraan Siap Angkut Warga Balikpapan

| editor : 

Ilustrasi

Ilustrasi (Salman Toyibi/Jawa Pos)

JawaPos.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Balikpapan optimistis pelayanan angkutan Lebaran di Balikpapan akan lancar. Sebanyak 2.229 kendaraan angkutan disiapkan bersama operator angkutan untuk melayani masyarakat.

"Jumlah tersebut terdiri dari 2.139 unit angkutan darat dan 90 unit angkutan sungai, dengan berbagai jenis, mulai dari bus, minibus, taxi, angkutan kota, kapal kelotok, speed boat, hingga kapal long boat," kata Kepala Dishub Balikpapan Sudirman Djayaleksana, Minggu (18/6). 

Guna kesiapan pendukung, Dishub Balikpapan bersama instansi terkait telah melakukan ramp check (inspeksi). Dilakukan terhadap angkutan umum Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) di Terminal Batu Ampar dan Pool Bus Kendaraan. "Inspeksi sejak 10 Mei hingga 10 Juni 2017 lalu,” tambahnya.

Selain itu, Dishub akan menyiagakan 188 personel di Posko Angkutan Lebaran. Kegiatan pengamanan ini dilaksanakan selama 27 hari, mulai 15 Juni hingga 11 Juli 2017. "Seluruh pegawai, termasuk staf di kantor akan kami kerahkan," ujarnya.

Ini untuk memastikan pelayanan angkutan Lebaran dapat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala. Sebagai ganti petugas yang tidak mendapat cuti Lebaran, nantinya akan mendapat tambahan cuti tahunan di hari lain.

Kegiatan posko tersebar di 6 lokasi. Yakini di Kantor Dishub, Pelabuhan Kampung Baru, Terminal Batu Ampar, Terminal Damai, Posko Gabungan Pelayanan Karang Joang dan Manggar, serta Posko Pemerintah Kota Balikpapan.

Selain ditempatkan pada pelayanan posko angkutan, sebagian personel akan dikerahkan untuk pengaturan lalu lintas, kanalisasi lalu lintas, dan penertiban kawasan tertib lalu lintas. Guna mendukung pelayanan angkutan Lebaran, sejumlah sarana dan prasarana juga disiagakan. Di antaranya 3 unit mobil derek. "Sedangkan untuk operasional patroli, kita menyiagakan 26 unit kendaraan roda 2 dan 10 unit kendaraan roda 4," pungkasnya. (rsh2/k18/fab/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP