Jumat, 22 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Ini, Rumah Mendiang Lee Kuan Yew yang Jadi Konflik

| editor : 

WARISAN: Rumah beratap cokelat ini lah kediaman mendiang Lee Kuan Yew. (Reuters)

JawaPos.com - Rumah yang berdiri di Oxley Road dan menjadi episentrum pertengkaran tiga anak Lee Kuan Yew bukanlah rumah yang tergolong mewah. Bahkan, rumah bersejarah yang menjadi saksi berdirinya negara Singapura itu bisa disebut sederhana.

Bangunan dua lantai tersebut berdiri di tanah seluas 1.120,5 meter persegi dan memiliki 8 kamar. Terdiri atas lima kamar utama dan tiga kamar untuk para pembantu di bagian belakang. Rumah itu dibangun pada abad ke-19. Usianya sudah lebih dari seabad. Lee Kuan Yew menempati rumah itu pada 1945. Kwa Geok Choo ikut pindah ke rumah tersebut setelah menikah dengan Lee Kuan Yew pada 30 September 1950.

LAMA: Tampilan ruang tengah kediaman Lee Kuan Yew.

LAMA: Tampilan ruang tengah kediaman Lee Kuan Yew. (Straits Times)

Bangunan tersebut sangat kuno. Tidak ada shower di kamar mandi, hanya bak kamar mandi biasa dengan gayung dari plastik. Shower baru dipasang setelah Lee Kuan Yew terkena stroke pada 2003. Rumah itu hampir tak pernah direnovasi. AC di rumah tersebut juga masih model lama yang berbentuk kotak persegi. Beberapa lantainya sudah cuil.

TAMPAK DEPAN: Rumah mendiang Lee Kuan Yew.

TAMPAK DEPAN: Rumah mendiang Lee Kuan Yew. (Straits Times)

”Ini adalah rumah yang sangat sederhana. Furniturnya mungkin hampir tak pernah diganti. Beberapa foto sudah tampak kuning,” ujar Profesor Koo Tsai Kee yang pernah berkunjung ke rumah itu pada 2002. Dalam berbagai foto, memang tampak furnitur di rumah itu model lama. Beberapa barang ditata begitu saja meski tidak matching. Mayoritas perabot terbuat dari kayu.

Semasa hidup, Lee Kuan Yew pernah mengungkapkan ingin merobohkan rumahnya karena biaya perawatan rumah tua itu sangat mahal. Rumah tersebut lembap karena fondasinya kurang. Jika ada tetangga yang membangun atau memaku rumah, tembok hunian tersebut bakal retak-retak. The Independent pernah menulis bahwa ada lorong rahasia di rumah itu yang terhubung ke istana negara. Dengan begitu, Lee bisa dengan mudah pergi-pulang tanpa terkena macet. Jalan tersebut juga sangat aman.

DALAM SENGKETA: Rumah mendiang Lee Kuan Yew.

DALAM SENGKETA: Rumah mendiang Lee Kuan Yew. (REUTERS/Edgar Su)

Rumah itu menjadi tempat tinggal keluarga Lee selama puluhan tahun. Namun, Lee yakin bahwa anak-anaknya tidak bakal memiliki keinginan untuk tinggal di rumah tersebut. Mereka tidak akan merasa kehilangan jika rumah itu dihancurkan. Sebab, mereka memiliki foto-foto untuk mengenang rumah tersebut. (TheStraitTimes/TheIndependent/sha/c11/any)

Sponsored Content

loading...
 TOP