Jumat, 22 Sep 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Internasional

Dewan Muslim Inggris Kutuk Serangan Teroris Van Tabrak Jamaah Masjid

| editor : 

Ilustrasi

Ilustrasi (pixabay.com)

JawaPos.com - Dewan Muslim Inggris bereaksi atas serangan teror di London, Inggris yang terjadi di Finsbury Park. Serangan ditargetkan pada jamaah usai pulang salat dari masjid setelah melaksanakan berbuka puasa dan ibadah Tarawih, Senin (19/6) dini hari waktu Inggris. Para jamaah ditabrak dengan sengaja oleh pelaku teror yang mengendarai mobil van putih.

Dalam keterangan resmi, Dewan Muslim Inggris menyatakan rasa duka cita yang mendalam atas tewasnya seorang korban dan delapan korban lainnya mengalami luka-luka. Namun Dewan Muslim Inggris meluruskan lokasi kejadian bukan di masjid atau dekat dengan masjid Finsbury Park akan tetapi berlokasi dekat dengan Seven Sisters Road.

Menurut saksi mata dan video CCTV yang merekam aksi tersebut, kejadian itu bermula ketika seorang pria mengendarai van putih menabrakkan mobilnya di tengah kerumunan jamaah. Sekretaris Jenderal Dewan Muslim Inggris Harun Khan mendoakan para keluarga korban tetap tabah dan para korban luka segera pulih.

"Doa saya agar semua korban dan keluarganya tetap sabar. Ini semua dilatarbelakangi aksi teror Islamophobia," katanya.

Satu bulan terakhir, Inggris terus diserang dengan teror Islamophobia. Dia menilai, insiden ini adalah manifestasi paling kejam sampai saat ini.

"Mengingat umat muslim mendekati akhir bulan Ramadan dan perayaan Idul Fitri dengan banyak umat Islam pergi ke masjid-masjid, kami mengharapkan pihak berwenang untuk meningkatkan keamanan di luar masjid," tegas Harun.

Komunitas Muslim juga telah menyerukan peningkatan tindakan untuk mengatasi tumbuhnya bibit kejahatan dan kebencian selama bertahun-tahun. Pihaknya meminta masyarakat khususnya kaum muslim tetap tenang dan menunggu hasil penyelidikan polidi.

"Di pekan terakhir Ramadan, berdoalah untuk seluruh umat dan sme untuk mereka yang menjadi korban," papar Harun. (cr1/JPG)

Sponsored Content

loading...
 TOP