Rabu, 18 Oct 2017
Logo JawaPos.com
JawaPos.com Icon
Diet & Fitness

Puasa Fit tanpa Timbun Fat, Atur Jadwal Makan dan Olahraga

| editor : 

AGAR SEHAT: Muhammad Haiqal Fajar mengajak peserta diskusi mengubah pola makan dan olahraga.

AGAR SEHAT: Muhammad Haiqal Fajar mengajak peserta diskusi mengubah pola makan dan olahraga. (Ghofuur Eka/Jawa Pos/JawaPos.com)

JawaPos.com – Selama bulan puasa, biasanya orang malas bergerak. Untuk jalan saja berat, apalagi untuk olahraga. Lemas ah.

Jika tubuh malas bergerak, biasanya saat puasa, justru nafsu makan menggebu-gebu. Saat sahur, makan banyak. Ketika berbuka puasa, segala yang tersedia disantap. ”Akhirnya gendut,” ucap Muhammad Haiqal Fajar, pelatih freeletic di Surabaya, saat menjadi pembicara dengan tema Tiga Cara Ampuh Puasa Makin Fit Bukan Fat dalam gathering di Kopi WOW akhir pekan (17/6).

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memilih makanan yang kaya nutrisi. Fajar menyarankan untuk mengurangi kudapan gorengan atau minuman manis. ”Makanan tinggi gula dan karbohidrat justru lebih banyak dikonsumsi. Seharusnya dikurangi,” sarannya. Mengontrol makan, lanjut dia, merupakan salah satu langkah agar fat (lemak) tidak makin banyak tertimbun.

Saat berolahraga pun, ada triknya. Dia menyarankan olahraga satu jam setelah berbuka puasa. Bisa juga dilakukan 30 menit sebelum berbuka puasa. Tidak perlu yang berat. Pelan-pelan dulu. ”Pilihan kedua adalah sebelum sahur. Waktunya 30 menit sebelum sahur,” ujarnya.

Diet dan pola hidup sehat tidak hanya dilakukan sehari. Untuk itu, dibutuhkan jadwal. Baik jadwal berolahraga maupun soal makan. ”Misalnya, selama lima hari, makan yang sehat. Maka, Sabtu dan Minggu bisa makan yang lebih bebas,” ucapnya.

Namun, tidak dimungkiri bahwa sebagian orang sangat sulit menentukan jadwal. Mereka yang mempunyai jam kerja tidak menentu akhirnya tidak mampu mengatur jadwal. Pada kondisi itu, jadwal bisa dibuat dua mingguan.

Selain Fajar, acara yang dihelat di Grand Darmo Suite Surabaya tersebut dihadiri tiga pembicara lain. Ninnette Dangirani membawakan Tiga Langkah Mempercepat Meraih Mimpi dan Rudy Basuki yang menyampaikan Pedoman 3i dalam Berinvestasi Bijak. Satu lagi, Khaeruman Pamungkas memberikan materi 30 Menit Bisa Hipnotis. (lyn/c7/nda)

Sponsored Content

loading...
 TOP